Warga Dukung Bone Bolango Pusat Pengembangan Sapi

0
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno saat mengunjungi tempat pembiakan dan penggemukan sapi. Foto: ant/serujambi
SERUGORONTALO.COM, Gorontalo – Sejumlah warga mendukung upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango yang menjadikan “pilot project” atau proyek percontohan pengembangan ternak sapi di Provinsi Gorontalo.

“Kami melihat Pemkab sangat serius dengan program pengembangan sapi ini, dibuktikan dengan melibatkan warga kurang mampu untuk memberdayakan ternak sapi demi meningkatkan perekonomiannya,” kata Ali, salah satu warga setempat, Minggu (24/9).

Jika program ini sukses, lanjut pria yang bekerja di sektor swasta ini, bisa mendorong sektor perekonomian masyarakat serta ikut menyukseskan program swasembada daging yang dicanangkan pemerintah pusat.

Sementara warga lainnya, Adi, mengharapkan kepada pemerintah untuk membentuk sentra-sentra pengembangan sapi, khususnya pemberdayaan sapi indukan wajib bunting.

“Kalau ingin program sukses, sebaiknya sapi indukan wajib bunting harus ditangani secara optimal,” jelas pria tersebut.

Sebelumnya, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, pihaknya giat menjadikan daerah itu sebagai pusat pengembangan ternak sapi, karena program ternak sapi ini dijadikan modal untuk pengentasan kemiskinan, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan warga kurang mampu.

Bupati mengaku pemkab telah programkan pengadaan sebanyak 6.000 ekor dari alokasi APBD yang dilakukan bertahap setiap tahun. Serta juga ditunjang dengan program dana desa, kemudian dibagikan ke 3.000 keluarga miskin.

“Sapi bantuan itu dibudidayakan oleh warga penerima bantuan, dan berharap dua tahun kemudian rumah tangga miskin ini akan semakin baik ekonominya,” jelas Hamim.

Bagi rumah tangga miskin penerima bantuan itu, lanjut Bupati, tentu ada syaratnya, yakni setelah dalam dua tahun tidak boleh lagi masuk dalam kategori miskin, sehingga dengan demikian bantuan itu benar-benar berguna dan bermanfaat.

Apalagi rumah tangga miskin di Kabupaten Bone Bolango hingga saat ini masih tercatat sekitar 14 ribuan.

Bupati juga mengapresiasi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang memfasilitasi program itu, terutama sosialisasi terkait keahlian mengelolah dan membudidayakan ternak sapi itu. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...