Zola Imbau Masyarakat Bantu Etnis Rohingya

0
Gubernur Jambi Zumi Zola dan Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Jambi – Gubernur Jambi Zumi Zola mengimbau masyarakat Jambi untuk turut membantu etnis Rohingya dengan berbagai aksi damai dan donasi.

“Kita boleh memberikan perhatian dan dukungan kepada etnis Rohingya, tapi jangan sampai menimbulkan perpecahan diantara kita yang ada di Jambi,” katanya di Jambi, Kamis (7/9).

Dia menyebutkan bentuk dukungan untuk mengecam tragedi kemanusiaan di Rohingya adalah dengan aksi damai dan melakukan penggalangan dana untuk etnis Rohingya.

Menurutnya tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar merupakan konflik antara Pemerintah Myanmar dengan etnis Rohingya dan Pemerintah Indonesia telah bersikap aktif, serta meminta kepada Pemerintah Myanmar untuk segera meredakan konflik yang terjadi, dengan berpegang pada nilai-nilai kemanusiaan.

“Tragedi yang terjadi terhadap etnis Rohingya merupakan tragedi kemanusiaan, jangan sampai kejadian tersebut dibawa-bawa ke dalam isu-isu yang lainnya, sehingga mengakibatkan perpecahan di Indonesia khususnya di Jambi,” ujarnya.

Zola juga mengatakan Presiden RI Joko Widodo telah mengutus Menteri Luar Negeri untuk bertemu dengan Pemerintah Myanmar, selain itu juga telah mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada semua korban dan pada bulan Oktober 2017 akan membangun rumah sakit di Myanmar.

“Semua ini adalah langkah nyata yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan mendapat pengakuan dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), khususnya utusan PBB yaitu Kofi Annan,” katanya.

Sebab itu Zola mengajak semua masyarakat Jambi untuk menyikapi kejadian ini dengan bijaksana, terutama terhadap berita-berita yang tersebar di media sosial, harus benar benar dicek sumber kebenaran berita tersebut, agar jangan sampai terhasut unsur provokasi.

“Hati-hati dalam membaca berita, terutama berita-berita yang ada di media sosial, saya tidak mengatakan semua berita tersebut tidak benar, tetapi bijaksanalah dalam menyikapi berbagai berita yang ada di media sosial,” ujarnya.

Sebelumnya Rabu (6/9) malam, dilakukan dialog wawasan kebangsaan antara umat Muslim dan Buddha untuk mengidentifikasi daerah rawan konflik yang ada di Provinsi Jambi, agar bisa dirumuskan langkah-langkah yang antisipatif serta penanganannya secara cepat, tuntas dan komprehensif untuk bisa meredam konflik tersebut.

“Saya memberikan apresiasi kepada umat Muslim dan umat Buddha di Provinsi Jambi yang telah bersama sama menggelar aksi damai dan memberi dukungan untuk etnis Rohingya dengan melakukan penggalangan dana yang akan didonasikan kepada saudara muslim di sana,” kata Zola.

Sementara itu, Kapolda Jambi Brigjen Polisi Priyo Widyanto mengimbau masyarakat Jambi untuk terus menjaga kerukunan umat beragama, jangan sampai terprovokasi dengan oknum-oknum yang ingin memecah belah bangsa ini, khususnya Provinsi Jambi.

“Kita sangat bersyukur sampai sekarang kerukunan itu masih tercipta dengan baik. Bukti nyata yang bisa dilihat adalah dengan adanya penggalangan dana yang dilakukan oleh umat Muslim dan umat Budha untuk etnis Rohingya yang sedang mengalami konflik,” kata Kapolda. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...