Zola Kutuk Pembantaian Rohingya

0
Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli. Foto: Istimewa.
SERUJAMBI.COM, Jambi – Gubernur Jambi, Zumi Zola, mengajak Forkompimda dan masyarakat Provinsi Jambi mengadakan zikir dan doa bersama serta penggalangan dana untuk korban tragedi kemanusiaan yang menimpa kaum muslim etnis Rohingya di Myanmar.
“Jumat mendatang kita akan adakan zikir dan doa bersama untuk muslim Rohingya. Nanti di kegiatan itu akan akan kita lakukan juga penggalangan dana bantuan. Nanti akan kita akomodir untuk bantuan bagi etnis Rohingya,” Kata Zola, Rabu (6/9).
Dikatakannya, sesuai dengan pidato Presiden RI bahwa krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar itu jangan dikaitkan dengan agama, walaupun korbannya umat Islam. Atas alasan itulah, Zola mengharapkan masyarakat Jambi tidak teprovokasi dengan hal-hal yang tersiar di media sosial terkait Rohingya tersebut.
Dia juga menjelaskan, dalam zikir dan doa bersama itu nanti, pihaknya akan mengundang seluruh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk membahas tindak lanjut yang akan diambil Jambi menyikapi krisis kemanusiaan yang terjadi di Myamar. “Seluruh agama mengutuk krisis kemanusiaan di Myanmar itu. Dan kita akan membahasnya bersama,” ujar Zola menambahkan.
Sementara, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston, mengatakan bahwa pihaknya mengutuk dan mengecam keras aksi kekerasan terhadap entis Rohingya di Myanmar itu. “Kita mengutuk dan mengecam aksi kekerasan tersebut, ini pelanggaran HAM serius. Apalagi dunia barat itu sekarang diam saja,” tegasnya.
Pihaknya juga berencana untuk membahas lebih lanjut masalah ini dan mengirim surat ke Presiden RI untuk menentukan langkah-langkah konkrit dalam membantu suadara muslim Rohingya.
“Kita akan tindaklanjuti rencana membuat surat ke Presiden. Saya juga sudah sampaikan ke gubernur Jambi. Meskipun saat ini sebenarnya sudah ada tindakan dari Pemerintah RI, namun untuk kemanusian dan kebersamaan kita tetap akan tindaklanjuti,” pungkasnya.
Pantauan Seru Jambi di sejumlah persimpangan lampu merah di Kota Jambi puluhan mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMMI) melakukan penggalangan dana untuk muslim Rohingya.
Koordinator penggalangan dana PMII untuk Rohingya, Randi, mengatakan bahwa kegiatan tersebut datang dari hati. Apalagi respon masyarakat Jambi sangat positif dan ingin membantu. Randi mengatakan, uang yang terkumpul nantinya akan disalurkan melalui organisasi NU yang juga melakukan kegiatan yang sama untuk selanjutnya disalurkan bagi korban pengungsi di perbatasan Bangladesh-Myanmar. “Kami prihatin terhadap etnis Rohingya,” kata Randi.
Selain PMII, umat Budha, bersama MUI dan FPI juga melakukan aksi solidaritas kemanusian disejumlah titik di Kota Jambi. Koordinator aksi dari umat Budha, Budi Harto Setiawan, mengatakan bahwa kegiatan itu pertama kali dilakukan umat Budha bersama MUI Jambi.  “Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian kita terhadap umat muslim di Rohingya. Dan kita umat Budha di Jambi mengecam keras tindakan yang dilakukan rezim pemerintahan Myanmar,” tegas Budi.
Tak hanya di jalan-jalan, aksi solidaritas ini menurut Budi juga dilakukan disejumlah Wihara di Kota Jambi. Yang hasilnya akan dikumpulkan di Jakarta, untuk selanjutnya dikirim ke Myanmar.(mg1/mg2/clp)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: