2018, Terjadi Penurunan Paket Pengerjaan di Batanghari

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Pemerintah Kabupaten Batanghari pada tahun 2018 ini melalui Unit Layanan Pengadaan Barang (ULPB) terdapat 137 paket pengerjaan fisik yang mana proses tender lelang pengerjaan sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.
Kabag ULPB Setda Batanghari Almi Cab mengatakan, meski terdapat ratusan paket pengerjaan fisik, namun dari jumlah tersebut rupanya mengalami penurunan cukup banyak.
Alasannya dikarenakan keterbatasan anggaran, pasalnya saat ini pemkab Batanghari terfokus pada kegiatan MTQ kegiatan Provinsi ke 48.
“Memang dari tahun sebelumnya kita mengalami penurunan dari total 186 menjadi 137 pengerjaan. Ini juga keterbatasan anggaran, karena pemkab fokus dengan kegiatan MTQ,” ungkap Almi.
Adapun anggaran terhadap 137 paket tersebut senilai lebih kurang Rp 129 Milyar. Sementara itu 61 paket lainnya merupakan paket milik Dinas PUPR Batanghari dengan nilai anggaran lebih kurang Rp 87 Miliar.
“Yang paling besar ada pada pengerjaan rigit beton di Jalan Desa Rantau Kapas Mudo Pasar Terusan dengan nilai sekitar Rp. 12 Miliar,” terangnya.
Selain itu paket pengerjaan juga terdapat di Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) dengan total 39 paket, Dinas Tanaman Pangan dan Hortilkultura empat paket pengerjaan, Dinas Perkebunan dan Peternakan enam paket pengerjaan, serta beberapa lagi di dinas lainnya.
Ditambahkannya, proses lelang pada tahun ini lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya. Sehingga pada November mendatang hanya tinggal evaluasi pengerjaan saja.
“Iya, kita harap tiap OPD agar lebih cepat untuk melakukan lelang. Kalau memang pada November nanti tidak juga selesai, berarti itu salah OPD masing-masing,” jelasnya.
Terkait jenis Lelang sendiri, dirinya mengatakan terdapat dua jenis yakni lelang umum terhadap pengerjaan paket fisik yang bernilai diatas Rp 5 Miliar. Sementara itu jenis pengadaan secara pemilihan langsung terhadap pengerjaan paket fisik di bawah RP 5 Miliar.
“Batas pelelangan hingga juli semua sudah harus selesai, ini khusus untuk APBD Murni,” pungkasnya.(riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: