22 Guru Pensiun, Batanghari Kekurangan 760 Tenaga Pengajar

0
Guru Sekolah. (ist)
SERUJAMBI, Muarabulian – Jumlah Guru pensiun di Kabupaten Batanghari pada tahun 2018 ini meningkat dari dua tahun terakhir. Berdasrkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari sebanyak 22 guru yang sudah dinyatakan pensiun.
Selain itu, satu guru yang pensiun dikarenakan meninggal dunia, sedangkan guru yang mutasi keluar daerah belum ada. Berkurangkanya guru setiap tahun yang dikarenakan pensiun itu masih flukatif dari jumlah guru yang tersebar.
Namun demikian, berkurangnya jumlah guru tentunya dapat menggerus ASN tenaga pengajar. Diperkirakan sebanyak kurang lebih 760 guru ASN yang dperlukan saat ini untuk menambah kekurangan lima tahun belakangan.
Kabid Tenaga dan Ketenagaan Dinas PdK Kabupaten Batanghari, M Syar’i Saman, mengatakan, bahwa memang junlah guru yang pensiun setiap tahunnya selalu meningkat.
“Dari data kita, 22 Guru yang pensiun dengan alasan beragam. Sebelas orang pensiun karena umur, dan satu orang dikarenakan meninggal dunia,” katanya, Rabu (18/7/2018).
Dijelaskannya, jumlah pensiun guru di tahun 2018 meningkat jika dibandingkan tahun 2017 lalu yang hanya 17 orang. Dikatakanya, kebutuhaah guru yang serba kekurangan saat ini memang tidak mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah.
“Saat ini kita punya 2.991 guru ASN, sebenarnya masih efektif,” tegasnya.
“Hanya saja, dari jumlah itu penyebarannya belum merata secara maksimal. Kebetulan untuk saat ini, penyebaran yang paling minim yakni di Kecamatan Bajubang, Ini dikarenakan jarak tempuh sekolah cukup jauh sehingga perlu tahapan dalam penyebaran guru ASN ini sendiri,” ungkapnya.
Selain itu, lanjutnya, untuk yang pensiun tahun ini yaitu guru ASN yang masuk kelahiran tahun 1958 s/d 1959.
“Sementara saat ini hanya 22 ASN guru yang pensiun, namun ini akan terus bertambah hingga akhir tahun 2018 mendatang,” pungkasnya.(riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...