Anda Bertubuh Tinggi, Wajib Tahu Risiko Kesehatan Ini!

0
Bertubuh tinggi memang menunjang penampilan, tapi hati-hati ada risiko kesehatan yang rentan mengincarnya. Foto: Suara.com
Bertubuh tinggi memang menunjang penampilan, tapi hati-hati ada risiko kesehatan yang rentan mengincarnya. Foto: Suara.com
SERUJAMBI.COM – Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of The Royal Society Battempted memaparkan bahwa orang yang bertubuh tinggi memiliki massa tubuh yang lebih besar sehingga banyak jaringan tubuh yang dapat bereplikasi menjadi sel jahat.

BACA JUGA : Penyakit Jantung dan Diabetes Mengintai Penderita Skizofrenia

Menurut peneliti, setiap peningkatan tinggi badan sebesar 10 cm, maka risiko kanker juga turut meningkat sebanyak 10 persen. Namun, peneliti menemukan adanya perbedaan tingkat kanker antara laki-laki dan perempuan.
Nah, selain rentan kanker mereka yang bertubuh tinggi juga rentan terkena DVT (Deep Vein Thrombosis) yang menyebabkan darah menggumpal. Semakin tinggi badanmu, maka risiko terkena DVT semakin meningkat.
Hal ini terjadi karena orang yang lebih tinggi memiliki pembuluh darah di kaki yang lebih panjang sehingga memiliki permukaan pembuluh darah yang lebih luas.
Selain itu, pembuluh darah kaki pada orang tinggi lebih banyak menerima tekanan gravitasi. Akibatnya risiko aliran darah melambat atau bahkan berhenti menjadi meningkat dan hasilnya terjadi penggumpalan darah.

BACA JUGA : Ilmuwan Kembangkan Obat Berhenti Merokok dan Kecanduan Nikotin

Wah, ternyata susah juga ya jadi orang tinggi. Namun, kamu tak perlu khawatir karena pola hidup sehat dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. (fok)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: