Anggota PPL Pemayung Berusia 21 Tahun, Panwascam Dinilai Langgar Aturan

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pemayung pada saat penjaringan dinilai melanggar aturan, dengan meloloskan calon anggota Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) yang masih berusia 21 tahun, yang berinisial RA. Selain itu ada juga lima orang anggota PPL yang berasal dari luar daerah.
Aturan yang dilanggar Panwascam Pemayung ini adalah Perbawaslu Nomor 19 Tahun 2017 Pasal 7 yang menyatakan syarat menjadi Panitia Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) minimal berusia 25 tahun dan berdomisili di wilayah desa setempat.
Pelanggaran ini terungkap dari dari pleno berita acara yang dibuat oleh tim Panwascam Pemayung tertanggal 05 April 2018.
Menanggapi hal tersebut Ketua Panwascam Pemayung Arpansyah saat dikonfirmasi berdalih dengan mengatakan, terjadi kesalahan tekhnis dalam berita acara tersebut.
“Iya, berita acara pengumuman tersebut ada kesalahan tekhnis, akan segera kami perbaiki,” ujarnya, Jumat (6/4/2018).
Terpisah, Ketua Panwaslu Kabupaten Batanghari Indra Tritusian saat dikonfirmasi sangat menyayangkan perbuatan yang dilakukan oleh tim Panwascam Pemayung tersebut.
“Seharusnya ketua Panwascam menjalani rekrutmen PPL sesuai tahapan dan aturan yang berlaku.Atas kesalahannya akan kita berikan sangsi administrasi,” kata Indra.
Saat ditanyakan tentang dalih Ketua Panwascam yang mengatakan ada kesalah tekhnis dalam pleno penetapan? Indra menegaskan Tim Panwascam Pemayung harus segera mebatalkannya dengan melalui pleno kembali.
“Jika terjadi kesalahan tekhnis Tim Panwascam Pemayung harus melakukan pleno kembali,” pungkasnya.(riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: