Angkat Badan Pesawat Lion Air, TNI Pinjam Alat Kementerian ESDM

0
pencarian bangkai pesawat (Ist)

SERUJAMBI.COM – Pencarian badan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan dekat Tanjung Karawang masih berlanjut. Meski begitu, TNI sudah melakukan persiapan yang dibutuhkan.

Dilansir dari laman Suara.com (media partner Serujambi.com), Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan alat untuk mengangkat badan pesawat Lion Air JT 610 yang masih berada di dasar laut.

TNI beserta Basarnas pun sudah meminta izin kepada Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk meminjam alat pengangkat muatan berat. Alat ini yang nantinya akan digunakan untuk mengangkat badan pesawat Lion Air.

BACA JUGA : Cincin Emas Jadi Kunci Identifikasi Jenazah Jannatun Cyntia Dewi

“Saya sudah mendapatkan izin kepada menteri ESDM supaya kita bisa mendapatkan crane buck, supaya bisa angkat body pesawat itu dengan berat hampir lebih dari 80 ton bisa sampai 100 ton. Mudah-mudahan segera,” ujar Hadi di posko evakuasi JICT, Tanjung Priuk, Rabu, (31/10/2018).

Besok rencananya TNI dan Basarna akan melaksanakan pencarian badan pesawat kembali di titik terdeteksinya black box.

BACA JUGA : 50 Penyelam TNI Dan Basarnas Gagal Bawa Pulang Black Box

Namun untuk melakukaan proses pengangkatan, Basarnas dan TNI harus menta izin ke pihak Pertamina untuk meletakan jangkar. Hal ini dikarenakan banyaknya pipa milik Pertamina di sekitar perairan tersebut.

“Skema kegiatan adalah lego (menaruh) jangkar semua kapal survey mendekat termasuk penyelam mendekat. Sehingga kita sisir bagian yang kemungkinan ada pecahan pesawat itu menyebar di sekitar itu,” jelasnya.

BACA JUGA : Korban Lion Air JT 610, Sepatu Deryl si Pengantin Baru Ditemukan

Di waktu dan tempat yang sama, Kepala Basarnas, Marsekal Madya Muhammad Syaugi mengatakan pihak akan fokus kepada titik tempat terdetekisnya black box. Badan pesawat dan black box akan dibawa ke JICT jika besok sudah ditemukan.

“Iya dong. Pasti ke sini. Masak nggak ke sini,” tegasnya.(jin)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: