Arus Mudik – Polisi: Lintas Lahat Sekarang Aman dari Tindak Kejahatan

0
Ilustrasi polisi yang tengah berjaga. (ist)
SERUJAMBI.COM – Jalur mudik di Lintas Tengah Sumatera, khususnya dari dan ke Lahat, Sumatera Selatan, sudah aman dan kondusif dari ancaman begal dan lainnya dalam beberapa tahun terakhir.
“Aman. Sudah tidak ada kasus (kejahatan dan begal, red) dalam beberapa tahun ini,” kata Heri, polisi yang bertugas di Posko Mudik di Muara Enim, Kamis subuh.
Dia juga menjelaskan jalur tersebut kini sudah relatif ramai dan sudah ada sejumlah pos polisi. “Bapak mungkin khawatir melintas dari Lahat hingga ke Lubuklinggau pada malam hari? Kini sudah aman, Pak,” ucap Heri meyakinkan.
Sementara rekannya Heri menyatakan kondisi jalan juga sudah kondusif dan bagus, dari Baturaja, Muaraenim, Lahat hingga Lubuklinggau pulang pergi.
“Saya baru dari Baturaja kemarin. Jalannya bagus,” ucap Heri.
Posko Mudik Muaraenim diawaki delapan polisi. “Totalnya 20, baik dari dinas kabupaten maupun swasta,” kata Heri, kemudian menjelaskan cukup banyak pemudik yang beristirahat di poskonya.
Para pemudik jalan jauh memang disarankan untuk beristirahat minimal setengah jam setelah empat jam berkendaraan. Istirahat menjadi keharusan jika badan lelah dan mata mengantuk.
Intensitas kendaraan menuju Lahat cukup ramai. Pemudik terlihat tidak ragu lagi melintas dan kondisi cukup baik.
Pada hari terakhir Ramadhan, ghirah (semangat) beragama kaum muslimin tetap terjaga. Shaf shalat subuh di Masjid Muaraenim terisi empat baris dan tiga baris di bagian muslimah.
Usai shalat dan berdoa, jamaah bersalaman menguatkan ukhuwah ummah. (fok/ant)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: