Awal Tahun, Harga Sembako di Kerinci Meroket

0
Ilustasi Harga Sembako. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Kerinci – Beberapa hari belakangan ini, harga sembako di Kabupaten Kerinci meroket. Kenaikan harga melonjak drastis.
Dari pantauan Seru Jambi di Pasar
Tradisional Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh dan Pasar Hiang Kecamatan Sitinjau Laut, pada Kamis (11/01/2018), seperti cabe sebelumnya Rp 20 ribu/kg menjadi Rp 24 ribu/kg.
Sementara harga daging sapi dan kerbau harganya masih tetap yakni Rp 120 ribu/kg.
Kenaikan yang paling dirasakan oleh ibu rumah tangga yakni pada daging ayam, yang sebelumnya hanya Rp 30 ribu/kilo, kini naik Rp 40 ribu/kilo. Begitu juga harga telur ayam yang tadinya hanya Rp 35 ribu/Gray, saat ini naik menjadi Rp 40 ribu/Gray.
Deki warga Siulak, yang merupakan salah satu pemilik toko di Pasar Hiang, Kecamatan Sitinjau Laut mengatakan, bahwa naiknya harga sembako disebabkan tingginya permintaan konsumen di pasaran. “Kami pemilik toko terpaksa menaikkan harga barang, karena barang yang dijual melalui agen juga tinggi. Sementara kita tahu ekonomi masyarakat saat sulit, tapi gimana lagi sudah menjadi hukum pasar,” jelasnya.
Kenaikan harga ini tentu mendapat keluhan dari warga, seperti yang diungkapkan Rika, warga Ambai Atas, Kecamatan Sitinjau Laut.
Ibu rumah tangga ini mengatakan, kenaikan harga ini selalu terjadi setiap awal tahun.
“Tahun sebelumnya juga begini sembako pasti terus naik, kami takutkan jika di pasar harga sembako mengalami kenaikan, tentunya di toko-toko kecil yang dijual eceran harganya juga naik,” cetusnya.(rzi)
Loading Facebook Comments ...
MEDIA PARTNER: