Bappeda Batanghari Gelar Forum OPD

0
Kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah
Kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabuapten Batanghari
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Batanghari menggelar forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan mengangkat tema optimalkan sumber daya untuk akselerasi pembangunan daerah.
“Pelaksanaan forum OPD ini merupakan amanat dari peraturan mentri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang perencanaan pembangunan daerah yang harus di laksanakan oleh pemerintah daerah,” kata Kepala Bappeda Batanghari Mulawarman, Senin (26/2/2018).
Berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, diamanatkan pelaksanaan forum perangkat daerah sebagai wadah penampung dan penjaringan aspirasi masyarakat untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan renja perangkat daerah.
Forum OPD tersebut membahas usulan kecamatan yang merupakan hasil musrenbang kecamatan dan mempertajam rencana kerja badan, dinas, kantor dan bagian di daerah.
Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari Bakhtiar mengatakan forum OPD tersebut merupakan langkah awal dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2019. Forum tersebut dipergunakan untuk merumuskan kebijakan, program dan kegiatan yang efektif, efisien, berdaya guna dalam menggunakan sumber pendanaan.
“Selama ini permasalahan yang kita hadapi dalam pembangunan selalu masalah keterbatasan anggaran, melalui forum OPD ini di harapkan dalam perencanaan pendanaan dapat lebih efektif dan efisien,” kata Skeretaris Daerah Batanghari Bakhtiar.
Selain itu kegiatan tersebut juga membuat perencanaan pembangunan semakin terarah, terukur, dengan memperkuat indikator kinerja setiap program atau kegiatan serta menetapkan target capaian.
Ada lima arah kebijakan umum yang menajdi prioritas berdasarkan hasil evaluasi. Yakni arah kebijakan umum sumber daya manusia, ekonomi kerakyatan, infrastruktur pelayanan dasar, reformasi birokrasi dan pelayanan umum serta budaya dan kearifan lokal.
“Kebijakan-kebijakan pembangunan antar satu OPD dan OPD lainnya harus di sinergikan. Melalaui forum ini lah rencana pembangunan tersebut dapat di sinergikan demi tercapainya pembangunan di Batanghari,” kata Bakhtiar menambahkan. (esa/ant)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: