Baru di Kota Jambi, Tanpa Karcis Parkir Gratis

0
parkir
Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, M Saleh Ridha, memasangkan rompi kepada Jukir. (ist)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Berbagai keluhan dan laporan masyarakat terkait maraknya parkir tanpa karcis retribusi, direspon cepat oleh Dinas Perhubungan Kota Jambi. Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi M. Saleh Ridha, Selasa siang (10/7), bertempat di Taman Tugu Juang Sipin, meluncurkan gerakan “Tanpa Karcis, Parkir Gratis”.
“Kita himbau dan informasikan kepada masyarakat pengguna jasa parkir, jangan bayar kalau Jukir (Juru Parkitr) tidak memberikan karcis retribusi kepada Bapak/Ibu semua. Kita harapkan kedepannya, melalui gerakan ini, parkir di Kota Jambi lebih tertib,” ungkap Shaleh Ridha.
Lebih lanjut Kadishub termuda di Jambi tersebut menjelaskan bahwa, sesuai dengan Peraturan Derah (Perda) Kota Jambi tentang Parkir, tarif retribusi parkir roda empat sebesar Rp 2000 dan roda dua sebesar Rp 1000.
Pada kesempatan itu, Saleh secara simbolis memasangkan rompi kepada beberapa orang perwakilan Juru Parkir. Rompi tersebut pada bagian belakangnya telah diterakan frasa “Tanpa Karcis, Parkir Gratis”. Selain rompi, Kadishub Kota Jambi itu juga turut memberikan Surat Perintah Tugas (SPT) bagi Juru Parkir resmi yang telah terdaftar pada Dinas Perhubungan Kota Jambi.
Dihadapan Jukir, Saleh menitipkan pesannya agar Jukir Kota Jambi bekerja dengan amanah dan penuh tanggung jawab, serta turut menjaga marwah Pemerintah Kota Jambi di tengah masyarakat, yang makin baik saat ini.
Kegiatan itu juga dirangkai dengan pengukuhan Tim Khusus Operasi Terpadu Pelanggaran dan Pengawasan Retribusi atau yang disingkat dengan “TUO TENGGANAI”. Menurut Saleh, satgas ini merupakan bagian dari gerakan inovatif Dishub Kota Jambi Bersama Rakyat Benahi Lalu Lintas dan Parkir (Berbinar), dalam membenahi sistem pelayanan lalu lintas dan perparkiran di Kota Jambi.
Saleh Ridha juga mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam membenahi kinerja instansinya agar semakin baik kedepannya. Saleh berharap masyarakat dapat turut membantu mensosialisasikan gerakan tersebut dan proaktif melaporkan jika masih ada pungutan liar.
“Jika masyarakat masih menemukan Jukir yang mengancam atau memaksa untuk membayar parkir tanpa karcis, segera laporkan kepada kami Dishub Kota Jambi melalui via telepon, sms, atau media Sosial Dishub Kota Jambi, akan segera kami tindak,” tegasnya. (*/edz)
Loading Facebook Comments ...
loading...