Batanghari Bangun Jaringan Air Bersih Sepanjang 40 Kilometer

0
Ilustrasi Air Bersih. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kabupaten Batanghari, membangun jaringan sambungan air bersih sepanjang 40 kilometer untuk disalurkan ke rumah-rumah masyarakat.
“Jaringan tersebut dibangun guna mendukung program sambungan air bersih yang di berikan kepada keluarga berpenghasilan rendah,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Batanghari, Abu Bakar Sidik, Jumat (6/4/2018).
Pada tahun 2018 ini sebanyak 2.500 masyarakat berpenghasilan rendah yang tersebar di delapan kecamatan di daerah itu mendapatkan sambungan gratis air bersih.
Jaringan tersebut dibangun ke wilayah-wilayah pemukiman masyarakat yang belum terjangkau oleh jaringan air bersih dari PDAM.
Dari delapan kecamatan di daerah itu, sebagian besar jaringan tersebut di bangun di Kecamatan Muarabulian, Mersam dan Kecamatan Pemayung.
Sidik mengatakan jaringan tersebut diperkirakan akan selesai dibangun pada bulan Mei 2018 mendatang. Sebab di bulan Juni sambungan air bersih gratis tersebut sudah harus dipasang ke rumah-rumah warga penerima manfaat.
“Saat ini program tersebut dalam tahap verifikasi dari kementerian PUPR, ada 2.500 penerima manfaat dan 100 penerima manfaat cadangan yang diverifikasi,” kata Sidik menjelaskan.
Dia menambahkan, pembangunan jaringan air bersih tersebut terdiri dari jaringan pipa dua inci dan empat inci. Jaringan pipa empat inci merupakan jaringan dari saluran induk ke wilayah pemukiman, dan jaringan pipa dua inci digunakan sebagai jaringan dari wilayah pemukiman menuju rumah-rumah warga. (riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...