Batanghari Cetak 20 Ribu Kartu Indentitas Anak

0
Kadis Dukcapil Batanghari, Ade Febriandi
Kadis Dukcapil Batanghari, Ade Febriandi
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten Batanghari, akan mencetak 20 ribu Kartu Identitas Anak pada tahun ini.
“Melalui SK Mendagri, Disdukcapil Batanghari tahun ini masuk daftar 150 kabupaten/kota yang harus menggulirkan program KIA tersebut,” kata Kepala Disdukcapil Batanghari Ade Febriandi, Selasa (17/4/2018).
Dia menjelaskan KIA serupa dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), hanya saja terdapat beberapa perbedaan pada tampilan kartu.
Pada KIA tidak terdapat sidik jari, iris mata, dan chip yang tertanam, seperti pada KTP. Namun, pada KIA terdapat barcode yang menunjukkan identitas anak.
“Anak-anak yang akan mendapatkan KIA tersebut yakni mulai usia 0-17 tahun kurang satu hari,” katanya.
Kabupaten Batanghari ditetapkan sebagai daerah yang menggulirkan program KIA karena cakupan data akta kelahiran sudah mencapai 90 persen lebih. “Kabupaten kita masuk dalam 40 besar dengan cakupan data akta tertinggi, sehingga mendapatkan bantuan APBN untuk menggulirkan program tersebut,” kata Ade.
Bantuan dana dari APBN akan digunakan untuk membeli blangko KIA, ribon, dan biaya sosialisasi.
“Kita akan menerbitkan KIA untuk 20 ribu anak dari sekitar 100 ribu anak wajib KIA. Nanti setelah anak tersebut berusia 17 tahun maka KIA anak tersebut akan diganti dengan KTP,” kata dia. (esa/ant)
Loading Facebook Comments ...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: