Bawaslu Batanghari Temukan Banyak APK Dipasang Sembarangan

0
APK yang Ada di Kabupaten Batanghari. Foto: Rizki/Serujambi.com
APK yang Ada di Kabupaten Batanghari. Foto: Rizki/Serujambi.com
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batanghari, banyak temukan Alat Peraga Kempaye (APK) para Calon Legislatif (Caleg) yang tidak sesuai pada tempatnya alias sembarang tempat.

BACA JUGADiancam Dilaporkan ke KPK, Sukandar “Tantang” Balik DPRD Tebo

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Kepala Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Batanghari, Iskandar baru-baru ini.
“Mareka yang melanggar telah kita surati. Jika masih tidak diindahkan, nanti akan kita lepas paksa,”kata Kepala Divisi Pengawasan dan Hubungan Antara Lembaga Bawaslu Batanghari Iskandar.

BACA JUGATergoda Uang Ghaib Rp 6 Triliun, Mantan Kades Kuap Malah Ditipu Ratusan Juta Rupiah

Pemasangan APK ini seperti yang terjadi dibeberapa kawasan. Selain tanpa persetujuan KPU, APK tersebut dinilai tidak sesuai desain, ukuran serta peraturan pemasangan APK.
“Oknum caleg ini memasang spanduk dan baleho secara pribadi. Padahal, berdasarkan perundang-undangan pemilu dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) hal tersebut dilarang,”ungkapnya.
Diterangkan, dalam aturannya, pemasangan APK seluruh Caleg dari partai peserta pemilu berada di dalam satu spanduk atau baleho. Di dalam spanduk tertuang visi dan misi calon legislatif.
“Pada tanggal 12 September pihaknya telah menyampaikan aturan APK. Dan tanggal 15 September Kita telah mengirim surat kepada partai politk peserta pemilu terkait aturan APK tersebut,” ujarnya.
Untuk itu, lanjutnya, Partai Politik (Parpol) dihimbau untuk melepas APK yang di pasang oknum Caleg dari partai-partai politik yang melanggar aturan.
“Dalam satu dua hari kedepan kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti KPU, Satpol PP dan bakeuda untuk melakukan pelepasan APK yang melanggar aturan,” tegasnya.
Sekedar diketahui, pemasangan APK yang melanggar aturan tersebut terdapat di beberapa kecamatan. Diantaranya di Kecamatan Muarabulian dan Kecamatan Muara Tembesi.(riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: