BBS: Muarojambi Prioritaskan Sadar Administrasi Kependudukan

0
Wakil Bupati (Wabup) Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno
Wakil Bupati (Wabup) Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno
SERUJAMBI.COM, Sengeti – Wakil Bupati Muarojambi H Bambang Bayu Suseno (BBS) menyatakan Pemkab Muarojambi memprioritaskan sosialisasi sadar administrasi kependudukan karena menjadi persyaratan yang sangat penting dalam pengurusan administrasi layanan publik.
“Pemkab Muarojambi sudah melakukan sosialisasi sejak lama, melalui pemerintah kecamatan, desa bahkan RT di lingkungan masing-masing melakukan penyisiran warganya,” kata Bambang Bayu Suseno, Rabu (18/4/2018).
Ia menyebutkan, kesadaran administrasi kependudukan dari masyarakat sangat membantu pemerintah dalam menggulirkan program pembangunan, karena hampir semua program berbasis kepada kebutuhan masyarakat di daerah.
Menurut dia, beberapa hal yang harus dimiliki warga adalah kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran. Selain itu juga kesadaran untuk melakukan pencatatan kependudukan bila pindah alamat atau meningalkan daerah itu.
“Termasuk pula kedisiplinan pencatatan kelahiran dan kematian. Kesadaran admistrasi kependudukan itu ke depan diharapkan tidak perlu diingatkan lagi tapi menjadi kebutuhan masyarakat,” katanya.
Ia menjelaskan, palayanan kependudukan saat ini sudah lebih mudah bisa dilayani hingga tingkat desa. Sama halnya di Kantor Dinas Kependudukan dan Catata Sipil juga terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal.
Peningkatan kesadaran administrasi kependudukan warga di Kabupaten Muarojambi terlihat dari banyaknya warga yang mendatangi kantor desa, kecamatan dan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Muarojambi di Sengeti.
Kantor Disdukcapil Muarojambi yang berada di kompleks pemerintah daerah itu, menjadi salah satu kantor paling ramai dan sibuk dikunjungi oleh masyarakat daerah itu untuk mengurusi pembuatan dokumen dan administrasi kependudukan.
Wabup Bambang Bayu Suseno mengingatkan masyarakat untuk membuat dokumen kependudukan, serta memperlakukannya dengan baik yakni menyimpannya dengan baik dan tertib sehingga saat dipergunakan bisa mudah mencarinya.
“Dokumen kependudukan itu merupakan dokumen penting bagi masyarakat, agar disimpan dengan baik dan tertib. Sehingga bila diperlukan bisa dengan mudah mencarinya,” kata Wakil Bupati Muarojambi itu menambahkan. (esa/ant)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: