Belasan Ribu E-KTP Dimusnahkan Dukcapil Batanghari

0
Dukcapil batanghari musnahkan belasan ribu E-KTP rusak dan invalid. Foto: Rizki/Serujambi.com
Dukcapil batanghari musnahkan belasan ribu E-KTP rusak dan invalid. Foto: Rizki/Serujambi.com
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Dinas Kependudukan dan Pencatat Sipil (Dukcapil) Kabupaten Batanghari, kembali musnakan belasan ribu keping kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) rusak dan invalid Selasa, (18/12/2018).

BACA JUGA : BREAKING NEWS! Mantan Rektor Unja Aulia Tasman Tutup Usia

Pemusnakan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama sebanyak 12955 keping telah dimusnahkan Senin, 17 Desember 2018 kemarin, sementara untuk tahap kedua sebanyak 6241 keping.
“Total ada 19.196 E-KTP yang rusak atau invalid yang dimusnahkan dengan cara dibakar,” kata Kepala Dinas Dukcapil Batanghari, Ade Febriandi, seusai  pemusnahan, Selasa (18/12/2018).
Dikatakannya, pemusnahan E-KTP tersebut berdasarkan surat Kemendagri nomor 471.13/24149/dukcapil tentang pelaksanaan pemusnahan  E-KTP rusak dan invalid dengan cara dibakar.
“Pemusnahan  tersebut juga dalam rangka mengantisipasi dan mencegah penyalahgunaan blanko dan  E-KTP rusak atau invalid, yang dilakukan oknum ketika Pemilu mendatang,” ungkapnya.
Seperti diketahui, E-KTP yang dimusnakan diantaranya,  E-KTP rusak, E-KTP  yang alami perubahan elemen data, E-KTP masyarakat yang pindah dan  E-KTP masyarakat yang telah meninggal dunia.

BACA JUGA : KK Palsu Beredar di Sarolangun, Tanda Tangan Kadis Dipalsukan

“E- KTP invalid tersebut dikumpulkan sejak tahun 2012 hingga tahun 2018 ini.  Selanjutnya pemusnahan KTP-el invalid tersebut akan dilakukan dalam satu bulan sekali,” pungkasnya.(riz/den)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: