BPJS Kesehatan Mengajak Peserta Memanfaatkan Mobile JKN

0
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Yogyakarta mengajak peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat di daerah ini memanfaatkan aplikasi Mobile JKN.

“Untuk meningkatkan pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) kami meluncurlan aplikasi Mobile JKN,” kata Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Cabang Yogyakarta, Dwi Hesti Yuniarti dalam kegiatan temu media di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Rabu.

Menurut Hesti, aplikasi Mobile JKN hadir untuk merespons semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan telepon pintar. di Indonesia jumlah pengguna telepon pintar diperkirakan mencapai 100 juta orang.

Aplikasi Mobile JKN, kata dia, merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif yang dilakukan di kantor cabang atau fasilitas kesehatan.

“Kegiatan itu selanjutnya ditransformasi ke dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan peserta di mana saja dan kapan saja tanpa batasan waktu,” kata dia.

Hesti mengatakan saat ini tercatat pengguna aplikasi Mobile JKN versi android sebanyak lebih dari 1.000.000 user dan aplikasi Mobile JKN versi iOS lebih dari 2.000 user. “Angka tersebut kami yakin akan meningkat, melihat potensi ekonomi digital Indonesia dan komitmen Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam pembangunan jaringan dan infrastruktur di wilayah Indonesia melalui program-program seperti Desa Broadband, Program Palapa Ring, dan Refarming 4G,” kata dia.

Untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN syaratnya sangat mudah hanya perlu mengunduh aplikasi melalui Google Play Store dan Apple Store. Aplikasi Mobile JKN direkomendasikan untuk telepon pintar yang menggunakan sistem android versi 4.0 ke atas dan sistem iOS 10. Setelah aplikasi itu terpasang, peserta harus melakukan registrasi pada menu yang tersedia di aplikasi Mobile JKN. Peserta dapat memilih menu registrasi, kemudian isi setiap kolom yang tersedia sesuai dengan data anda. Pastikan anda punya satu surel (email) aktif karena setelah semua kolom diisi, sistem secara otomatis akan mengirim nomor verifikasi ke email tersebut. Dalam aplikasi itu berisi banyak fitur yang berguna bagi peserta JKN-KIS mulai untuk pendaftaran peserta, perubahan data, perpindahan fasilitas kesehatan, hingga pelayanan kesehatan. Pada halaman pertama terdapat empat menu utama yakni menu peserta, menu tagihan, menu pelayanan, serta menu umun.

“Kami mengajak seluruh masyarakat mengunduh aplikasi mobile JKN karena sangat membantu dalam hal administrasi kepesertaan maupun pelayanan peserta,” kata Hesti.(fok/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: