Bupati Safrial Gandeng TNI AL Bentuk Poros Martin di Tanjab Barat

0
Bupati Safrial
Bupati Safrial Gandeng TNI AL Bentuk Poros Martin di Tanjab Barat
SERUJAMBI.COM, Kualatungkal – Kegiatan Muhibah Maritim yang digelar di Kabupaten Tanjab Barat, skluksea di gelar. Dalam kegiatan tersebut, Bupati Tanjab Barat, Safrial, menyatakan dukungannya untuk mensukseskan program poros maritim yang digagas Presiden RI, Joko Widodo.
Pernyataan dukungan tersebut, disampaikan Safrial dalam acara Seminar Kemaritiman untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim Dunia. Bupati menyatakan, jika Kabupaten Tanjab Barat posisinya berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, dan masuk dalam kawasan Pantai Timur Sumatera. Sehingga sangat dilayak dibangun sebuah pelabuhan.
Dalam seminar yang dilaksanakan Sabtu (31/3), di Gedung DPRD Tanjab Barat. Menghadirkan para pakar dibidang Kemaritiman. Seminar sehari ini diisi diskusi Panel, Analisa dan Paparan secara Meluas dan Mendalam dari para pakar dan para narasumber. Seminar ini memberikan pengetahuan memperkuat kapasitas daya saing daerah, agar dapat mengambil peran penting dalam strategi pertahanan dan kemananan.
Sekaligus memanfaatkan peluang keuntungan ekonomi di kawasan Laut Cina Selatan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir laut yang terpelihara dari kerusakan dan illegal fishing atau pencurian ikan.
Bupati Safrial dalam kesempatan itu juga mengatakan, jika dirinya sangat bebesar hati dan bangga bisa menjamu para TNI AL beserta rombongan di Kabupaten Tanjab Barat. Diharapkannya, kegiatan seperti ini dapat berlanjut lagi.
“Dalam Rangkaian kegiatan ini, kita sudah memasuki acara inti, dan inilah yang paling penting dalam Muhibah Maritim tersebut, Pemkab Tanjab Barat siap bekerjasama dengan TN AL untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Bahkan, Pemkab Tanjab Barat bersedia menyiapkan lahan yang diperlukan untuk membuat pelabuhan atau pun yang lainnya untuk mewujudkan semua ini,” terang Bupati.
Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah menyampaikan gagasan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia pada acara Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur di Myanmar pada tahun 2015 lalu. Gagasanini telah dituangkan dalam rencana jangka menengah Nasional tahun 2014 – 2019.
Disebutkan bupati, dengan adanya kegiatan muhibah maritim, dapat menjadi forum diskusi bersama. Sehingga nantinya dapat merumuskan dan menyusun langkah strategis, terbaik, guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, dan perairan laut Tanjab Barat termasuk diantaranya.
“Mudah-mudahan dari kegiatan ini mampu membangkitkan kembali jiwa dan spirit kemaritimam generasi muda kita,” kata Ketua Panpel Seminar, Netty Martini.
Sementara para Narasumber diantaranya Keynote Speaker adalah Menteri koordinator kemaritiman RI dan narasumber Deputi bidang koordinasi sumber daya alam, dan dasar kemenko bidang maritim dan Rektor Institut Pertanian Bogor, Kolonel laut Salim, Direktur Jenderal pengelolaan ruang laut Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Direktur Jenderal penguatan daya saing Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Narkotika Nasional BNN, Dirut Perum Perikanan Indonesia, Bupati Tanjung Jabung Barat, Dekan Fakultas perikanan IPB dan Universitas Jambi, Universitas Sriwijaya, Universitas Riau dan Universitas Andalas. Dengan para peserta dinas instansi Pemerintahan Prov Jambi, Pemprov Kepri Pemprov Sumatera Selatan dinas instansi Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Dinas Instansi Pemkab Tanjung Jabung Timur, Dinas Instansi Pemkab Indragiri Hilir, Singkep Kabupaten Lingga, Kabupaten Banyuasin, BUMD Perikanan dan akademisi politisi Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa himpunan nelayan seluruh Indonesia, mahasiswa, LSM dan Pers. (Iis)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: