Cari CVR Lion Air, KNKT Dapat Bantuan Ping Locater dari Amerika

0
Bagian black box tiba di tanjung priok. Foto: Suara.com
Bagian black box tiba di tanjung priok. Foto: Suara.com
SERUJAMBI.COM – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tengah menunggu ditemukannya kotak hitam atau black box jenis Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Dalam proses pencarian di bawah laut, tim mendapat alat tambahan ping locater.
BACA JUGA : Bejat! Siswi SMP Digilir 4 Siswa SMA Hingga Pingsan
Wakil Ketua KNKT Haryo Satmiko mengatakan sejauh ini pihaknya hanya menggunakan tiga ping locater untuk mendeteksi sinyal dari CVR. Tambahan satu ping locater berasal dari pihak KNKT-nya Amerika, yang bernama National Transportation Savety Board.
“Mendapat tambahan satu buah ping locator dari dukungan National Transportasion Safety Board (NTSB),” kata Haryo di kantornya, dilansir dari laman Suara.com (media partner Serujambi.com), Jumat (2/11/2018).
Haryo menjelaskan, bantuan ping locater dari Amerika sudah dikirim hari ini.Ia berharap dengan tambahan alat tersebut proses pencarian CVR yang dilakukan tim evakuasi gabungan dapat membuahkan hasil.
“Hingga hari ini proses pencarian CVR masih terus berjalan,” tegasnya.
Sejauh ini tim evakuasi baru menerima FDR atau Flight Data Recorder. FDR tersebut berisi percakapan terjadi di dalam kokpit.
FDR saat ini masih diperiksa oleh KNKT. Pemeriksaan tersebut membutuhkan waktu satu minggu karena kondisi FDR sedang tahap pemberishan.
BACA JUGA : Isyarat Kepergian Pasutri Korban Lion Air Lewat Pesan di Facebook
“Tapi karena itu adalah potongan dan lain-lain maka kami harus memotong beberapa kabel dan lain-lain agar tidak rusak datanya. Jadi, memang pekerjaannya agak lambat karena kehati-hatian kami jangan sampai FDR ini menjadi barang yang kurang maksimal,” ujar Haryo. (fok)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: