Dema Fusa UIN STS Jambi Gelar Seminar Cegah Radikalisme

0
SERUJAMBI.COM, Jambi – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Ushuluddin dan studi Agama (FUSA) Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi menggelar Seminar Pencegahan Radikalisme. Acara tersebut digelar di Gedung Kubah Emas FUSA. Pada seminar kali ini, mengangkat tema “Menangkal Radikalisme Melalui Pemuda Sebagai Penggerak Mutu Intelektual”.
Dalam acara yang digelar pukul 10.00 WIB tersebut, dibuka langsung oleh Ketua Dema FUSA, Ramadhan Isthiarto. Dalam sambutannya, Ketua Dema Fusa mengatakan, kalau dirinya memiliki harapan besar, setelah diadakan seminar pencegahan radikalisme ini, mahasiswa dan mahasiswi UIN STS Jambi dapat memahami dan mengerti apa itu radikalisme dan tahu cara pencegahannya.
“Yang jelas tujuan dari acara ini adalah untuk mengingatkan kepada mahasiswa dan mahasiswi, bahwa paham radikal ini berbahaya,” sebutnya.
Ketua panitia, Mirza, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan seminar pencegahan radikalisme ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa atau pemuda tentang radikalisme. Selain itu juga untuk mempertegas, bahwa perbuatan radikalisme itu tidak dibenarkan di dalam agama islam.
Mirza mengatakan, bahwa sebagai mahasiswa, apalagi mahasiswa UIN STS Jambi, harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa paham radikalisme itu berbahaya. “Selain itu, kita juga dituntut untuk mampu mencegahnya, agar tidak menyebar kepada masyarakat luas,” ujarnya kepada Seru Jambi.
Seminar pencegahan radikalisme tersebut menghadirkan pemateri dari Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Jambi dan pemateri dari lembaga UIN STS Jambi. Lukman Jefri Ketua FKPT Jambi menyampaikan materi tentang perkembangan faham radikalisme di Indonesia. Sedangkan Wakil Rektor I UIN STS Jambi, Dr. H. Su’aidi, MA. Ph. D, menyampaikan materi tentang cara meningkatkan mutu terhadap faham radikalisme.
Ketika dimintai keterangan, Dr. H. Su’aidi, MA. Ph. D berkata bahwa dirinya sangat senang bisa menyampaikan materi tentang bahaya paham radikalisme ini.
“Sebenarnya saya nggak mau datang mengisi materi, berhubung tema seminarnya mengenai bahaya paham radikalisme, saya mau menyempatkan datang untuk mengisis materi, katanya kepada Seru Jambi, minggu (07/01/2018).
Seminar pencegahan radikalisme ini di ikuti kurang lebih 200 mahasiswa/i Fusa. Acara ini disukseskan oleh panitia pelaksana yang terdiri dari pengurus Dema Fusa yang berjumlah puluhan mahasiswa dan mahasiswi. (Yj04)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: