Diguyur Hujan Beberapa Pekan, Debit Air Sungai Batanghari Terus Meningkat

0
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, beberapa pekan terakhir yang mengguyur di Kabupaten Batanghari, membuat debit Sungai Batanghari perlahan terus naik.

BACA JUGADiguyur Hujan Deras, Bajubang Terancam Banjir

Berdasarkan Alat Pemantau Ketinggian Air (APKA) milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batanghari, ketinggian air Sungai Batanghari sudah mencapai 155 sentimeter.
“Kalau empat hari yang lalu ketinggian muka air dibawah APKA yakni berada pada posisi 10 sentimeter. Namun, saat ini sudah berada pada posisi 155 sentimeter. Artinya, dalam empat hari terakhir kenaikan debit air mencapai sekitar 1,5 meter,” kata Sekretaris BPBD Batanghari, Samral Lubis, Senin (5/11/2018).
Kenaikan debit Sungai Batanghari terpantau di APKA lima Kecamatan. Di antaranya, Muarabulian, Muara Tembesi, Mersam, Maro Sebo Ulu dan Kecamatan Batin XXIV.
“Hasil pantauan APKA di lima kecamatan, kenaikan debit Sungai Batanghari hampir serupa. Hanya saja, untuk Kecamatan Muara Tembesi kenaikan lebih tinggi dibanding kecamatan lainnya,” ujarnya.
BPBD sendiri mengkhwatirkan debit sungai akan terus mengalami kenaikan. Apalagi limpahan dari kabupaten tetangga, seperti Kabupaten Tebo, Sarolangun, Merangin dan Kabupaten Kerinci.
“Bila limpahan air tersebut datang secara bersamaan ke wilayah Batanghari, dikhwatirkan air Sungai Batanghari akan meluap hingga ke pemukiman penduduk,” ujarnya.
Selain itu, yang lebih dikhwatirkan yakni tergerusnya tebing-tebing Sungai Batanghari. Karena, di beberapa bagian bantaran Sungai Batanghari terdapat pemukiman.

BACA JUGATerekam CCTV, Bule Cantik Jadi Korban Begal Payudara

“Terdapat 86 desa atau kelurahan yang tersebar di tujuh kecamatan yang cukup rawan jika air terus mengalami kenaikan. Karena desa atau kelurahan tersebut berada di sepanjang bantaran sungai,” tutupnya.(riz/den)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: