Dinas PMD Pungut Rp 15 Juta untuk Pelatihan Perangkat Desa

0
Ilustrasi Dana Desa. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Sengeti – Kebijakan Dinas Pemerintahan Desa (PMD) Kabupaten Muarojambi terkait biaya pelatihan Rp 15 juta, menuai polemik. Bahkan, para perangkat desa mengaku sangat terbebani dengan ulah Dinas PMD tersebut.
“Biaya pelatihan sebesar Rp 15 juta membuat kami jadi pusing tujuh keliling. Ibarat makan buah simalakama mau tidak mau kami jadi ikut pelatihan yang digelar Dinas PMD,” ujar salah satu perangkat desa asal Kumpeh sembari minta namanya dirahasiakan.
“Saya mewakili teman-teman dari desa lain. Karena mereka takut, jadi saya yang jadi jubir,” tegasnya lagi.
Dia menambahkan, pelatihan yang digagas Dinas PMD tersebut dilangsungkan di hotel-hotel yang ada di Kota Jambi. Lanjutnya, pelatihan dibagi per kecamatan dan uangnya disetor langsung ke Dinas PMD.
“Setorannya wajib. Coba hitung berapa jumlah desa yang ada di Muarojambi dan berapa besar biayanya.” keluhnya.
Lebih jauh dikatakan, pihaknya akan legowo menerima pelatihan jika biaya yang dibebankan tidak sebesar itu.
Sementara itu, Camat Kumpeh Ilir, Risky, membenarkan bahwa memang ada pelatihan dan mengunakan dana desa. Namun, nilainya tidak sampai 15 juta rupiah.
“Dak sampai 15 juta di bawah itu, sekitar 10 juta,” jelasnya saat dihubungi via telepon selular.
Terpisah, Kabid Pemerintahan dan Keuangan Desa Dinas PMD Kabupaten Muarojambi, Dicki, mengatakan, apa yang disampaikan perangkat desa tersebut tidak benar. Sebab pihak Dinas PMD tidak pernah menggelar pelatihan yang biayanya dibebankan kepada desa.
“Bila pihak Dinas PMD yang mengadakan pelatihan anggarannya sudah ditanggung oleh APBD. Jadi, kita tidak pernah menggelar kegiatan dengan minta setoran,” sebutnya melalui whatsapp.
Dia menambahkan, bila memang ada kegiatan pelatihan tersebut bisa langsung ditanyakan ke pihak desa. Karena kuasa pengelolaan keuangan desa ada di kepala desanya.
“Pengelolaan ada di desa, secara swakelola bisa dikonfirmasi langsung ke desanya,” pungkasnya.(don7)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: