Dinilai Langgar Hak Konstitusi Warga, Calon Komisioner KPU Bungo Dilaporkan

0
SERUJAMBI.COM, Muarabungo – Irwan Gusnadi, calon anggota Komisioner KPU Bungo, dinilai telah melanggar hak konstitusi ratusan warga Kecamatan Pelayang, Bungo pada Pileg 2014 lalu.
Buntutnya, Irwan dilaporkan kepada tim panitia seleksi calon anggota KPU. Pelaporan ini dilakukan oleh masyarakat.
“Waktu itu dia datang,  dan menyetop orang sedang mencoblos di TPS, sehingga ratusan orang tak dapat memberikan hak suaranya,” kata Afrizal.
Hal inilah yang menjadi dasar laporan ia kepada timsel KPU,  ia tak ingin orang seperti Irwan kembali duduk menjadi anggota KPU priode mendatang.
“KPU itu harusnya meningkatkan partisipasi pemilih,  ini malah dia yang melarang orang untuk memilih,  kan aneh,’ ungkap Ijal lagi.
Kala itu kasus ini juga sempat mencuat ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) dan kala itu Irwan diberikan sangsi teguran.
Agus Salim,  Ketua Tim Pansel KPU se Provinsi jambi langsung menyambut kedatangan Afrizal,  Senin (16/4/2018) kemarin.
Kepada Afrizal dan sejumlah awak media Agus salim berjanji akan menindaklanjuti masalah ini.
“Kita pasti akan tindak lanjuti,  nanti kita pasti akan panggil dan klarifikasi kepada saudara Irwan, ” ungkap Agus.
Selain itu Irwan juga dilaporkan Afrizal karna melanggar kesepakan bersama KPU,  Bawaslu dan DKPP nomor 13,12 dan 01 tahun 2012 terkait kode etik penyelenggara pemilu.
“Masalah pelanggaran kode etik penyelenggara juga kita laporkan,  karna diketahui Irwan tak mengumumkan hubungannya dengan salah satu kandidat calon Bupati dipilkada lalu,  seharusnya itu harus di umumkannya ke publik melalui pleno terbuka sesuai peraturan bersama KPU,  Bawaslu dan DKPP tahun 2012,” ungkap Afrizal.(frs)
Loading Facebook Comments ...
loading...