Dramatis! Tundukkan UEA, Timnas Indonesia U-19 Melenggang ke Perempat Final

0
SERUJAMBI.COM – Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor tipis 1-0 pada laga matchday 3 Grup A Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu (24/10/2018) malam WIB. Gol tunggal Indonesia dicetak oleh gelandang Witan Sulaiman pada menit 23.
Dilansir dari laman Suara.com (media partner Serujambi.com), berkat kemenangan ini, Indonesia pun memastikan diri lolos ke babak perempatfinal Piala Asia U-19 2018. Garuda Nusantara lolos ke fase gugur sebagai runner-up Grup A dengan poin enam dari tiga pertandingan.
Indonesia sejatinya memiliki poin sama dengan UEA yang bercokol di peringkat ketiga, namun tim asuhan Indra Sjafri unggul head-to-head.
Sejak awal babak pertama, para pemain Indonesia langsung menekan pertahanan UEA. Namun, justru UEA yang lebih dulu mendapat kans untuk mencetak gol.
Pada menit keempat, UEA melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun membentur pemain Indonesia dan menghasilkan tendangan sudut pertama.
Indonesia sendiri memperoleh peluang emas pada menit 11. Namun sayang, sundulan dari Hanis Saghara masih melambung di atas mistar.
Megabintang tim Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikrilantas mendapatkan kesempatan pada menit 15 setelah menyambut umpan Saddil Ramdani. Sayang, bola masih menyamping tipis di sisi kiri gawang UEA.
Pada menit 19, Egy mencoba melakukan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi bola masih bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper UEA, Suhail Abdulah.
Indonesia akhirnya sukses memecah kebuntuan pada menit 23. Witan melakukan aksi individu, sebelum melakukan tendangan keras yang menjebol gawang UEA.
Meski sudah unggul 1-0, Indonesia tidak menurunkan intensitas serangan mereka. Beberapa peluang kembali tercipta dari tim asuhan Indra Sjafri, namun sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda beakhirnya babak pertama, skor 1-0 tidak berubah.
Memasuki paruh kedua, UEA langsung mengancam melalui Eid Khamis Alnuaimi. Namun sundulannya pada menit 48 masih lemah.
Usaha Indonesia untuk mempertahankan keunggulan mendapat ujian berat setelah centre-back andalan sekaligus kapten tim, Nurhidayat mendapat kartu kuning kedua pada menit 52 setelah melakukan pelanggaran terhadap Abdulla Alnaqbi. Indonesia pun harus tampil dengan 10 pemain di sisa laga.
Defisit jumlah pemain membuat Indonesia lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik. Indonesia kian was-was setelah Egy mengalami cedera dan harus digantikan Muhammad Rafi Syarahil pada menit 68.
Dengan keluarnya Egy, praktis Indonesia tinggal mengandalkan Rivaldo Todd Ferre, yang masuk saat half-time menggantikan Hanis Saghara Putra, serta Witan untuk melakukan counter-attack. Di sisi lain, UEA kian bernafsu menyerang dan terus mengurung pertahanan Indonesia.
Pada menit 73, UEA nyaris mencetak gol melalui tendangan voli Majid Rashid Almehrzi. Beruntung bagi Garuda Nusantara, finishing Almehrzi masih menyamping di sisi kanan gawang Indonesia kawalan kiper Muhammad Riyandi.
Indonesia sendiri nyaris unggul 2-0 pada menit 79. Namun, tendangan jarak jauh Lutfhi Kamal ke pojok kanan atas gawang berhasil ditepis kiper Suhail Abdulla Almutawa.
Setelah itu, para pemain bertahan Indonesia beberapa kali melakukan kesalahan, namun untungnya kesalahan tersebut tidak mampu dimanfaatkan UEA.
Di sisa waktu normal, plus tujuh menit injury time, Indonesia akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan 1-0, sekaligus menyegel kelolosan ke fase gugur Piala Asia U-19 2018. (fok)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: