Dua Pengedar Narkoba Lintas Provinsi Diringkus

0
pengedar narkoba
Dua pelaku (duduk) saat diamankan. (Amuis/Seru Jambi)
SERUJAMBI.COM, Kerinci – Satres Narkoba Polres Kerinci, berhasil mengamankan dua orang pengedar narkoba jenis sabu, pertama PH (36) warga Desa Sungai Tutung, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci. Kemudian  AZ (45) warga Sukajadi, Kota Madya Pekanbaru. Ke duanya merupakan pengedar narkoba lintas provinsi.
Mereka diamankan di Desa Sungai Tutung, Kecamatan Air Hangat Timur.
Kapolres Kerinci AKBP Dwi Mulyanto melalui Kasat Narkoba, IPTU Sofyan Harahap membenarkan adanya penangkapan ini.
“Iya memang ada penangkapan dua orang pelaku menyimpan dan penyalahgunaan narkoba,” katanya.
Dijelaskan Sofyan, sebelum penangkapan pihaknya Satres Narkoba menerima informasi dari masyarakat bahwa akan terjadi transaksi narkotika jenis Sabu di Desa Sungai Tutung tepatnya rumah pelaku PH.
“Setelah dilakukan pengintaian beberapa saat di TKP, karena mencurigakan lalu anggota mengecek ke rumah tersebut,” ungkapnya.
Menurut Kasat Narkoba Polres Kerinci saat mengecek kerumah PH, anggota bertemu dengan istri PH, kemudian anggota melakukan penggeledahan dan ditemukan AZ sedang tidur dikamar belakang, setelah di bangunkan kemudian anggota Satres Narkoba melakukan penggeledahan di dalam mobil milik AZ dan menemukan barang berupa Narkotika jenis Sabu dalam bungkus rokok Sampoerna di dalam Dashboard mobil Toyota Avanza BM 1506 TR.
“Setelah di lakukan penimbangan Shabu tersebut dengan berat 0,59 gram. Akhirnya orang tersebut di bawa dan diamankan ke Polres Kerinci,” katanya.
Kemudian anggota melakukan penggeledahan kembali di rumah PH, lanjutnya, dari hasil pengeledahan di temukan barang berupa Narkotika jenis sabu di dalam sepeda motor Honda Vario warna merah BH 2425 DK yang terparkir di dalam rumah. Barang Narkotika jenis Sabu tersebut ditaruh di dalam kotak Kacamata sebanyak 16 paket kecil dan 1 paket besar dengan berat lebih kurang 12,66 gram. Akhirnya orang tersebut di bawa dan diamankan ke Polres Kerinci.
“Pelaku PH memang sudah lama menjadi TO Polres Kerinci, sedangkan AZ merupakan kurir yang mengantar sabu – sabu dari Pekanbaru ke Kerinci dan Sungai Penuh,” terangnya.
Selain itu menurut keterangan tersangka AZ warga pekanbaru, dirinya telah 4 kali lakukan transaksi di Kerinci dan kesemuanya melalui PH. “Iya dia mengakui empat bulan terakhir lakukan transaksi di Kerinci melalui PH ini,” jelas Sofyan.
Adapun barang bukti yang diamankan dari tangan PH adalah satu buah kotak kacamata tempat penyimpanan Sabu, narkotika jenis Sabu sebanyak 1 paket sedang dan 16 paket Kecil total berat bersih seberat 12,66 gram, bong atau alat hisap, dua kotak plastik bening pembungkus Sabu, satu set isolatip, tiga buah kaca pirek, satu unit  roda dua jenis honda vario warna merah no.pol BH 2425 DK.
Sedangkan dari tangan AZ, berhasil diamankan narkotika jenis Sabu sebanyak 1 paket kecil dan berat bersih seberat 0,59 gram, bong atau alat hisap dan satu  unit roda empat jenis Daihatsu Xenia warna silver dengan nomor polisi BM 1506 TR.
“Kedua pelaku kita kenakan pasal 114 ayat (1), Pasal 112 ayat (1)  Pasal UU RI No. 35 Tahun 2009, tentang Narkotika dengan ancaman 5 tahun penjara,” pungkasnya.(rzi/hry)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: