Dukung Pariwisata Jambi, SAH Bawa Pelatihan SDM Wisata ke Dunia Kampus

0
Sutan Adil Hendra
Foto bersama Sutan Adil Hendra
SERUJAMBI.COM, Jambi – Demi mendukung pengembangan pariwisata Provinsi Jambi, anggota sekaligus Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) Senin tanggal 16 April 2018 kemarin membawa program pelatihan pengembangan SDM Pariwisata ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif Jambi.
Dalam acara yang diselenggarakan di kampus STAI Ma’arif di kawasan Talang Bakung tersebut SAH mengatakan salah satu masalah dalam pengembangan pariwisata di tanah air adalah masalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum mendukung tumbuh kembangnya industri wisata di tanah air termasuk Provinsi Jambi.
“Masalah infrastruktur, promosi dan SDM wisata masih menjadi kendala dalam pengembangan dunia pariwisata tanah air termasuk Provinsi Jambi, dalam SDM masalahnya harus kita urai dari hulunya, yaitu dengan jalan mengandeng pihak perguruan tinggi agar memberi dukungan pada pengembangan SDM wisata,” ujarnya.
Menurut Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR ini salah satu dukungan ataupun sinergitas yang diharapkan dengan perguruan tinggi adalah pembuatan kurikulum pendidikan yang mendukung pengembangan SDM Pariwisata.
“Terus terang kita mengharapkan dunia kampus bisa menjawab masalah SDM ini dengan kurikulum pendidikan atau bahkan pembuat program studi yang bisa linear dengan kebutuhan pariwisata,” kata SAH.
Karena ke depan di era perdagangan bebas nanti SDM wisata itu harus profesional yang tersertifikasi oleh lembaga profesional termasuk institusi pendidikan.
Sehingga dalam usaha menyamakan persepsi tentang peran dunia pendidikan bagi pengembangan pariwisata, SAH mengatakan dirinya membawa program pelatihan SDM Pariwisata ke kampus STAI Ma’arif Jambi agar ada reaksi lanjutan yang bisa di sinergikan kampus ini ke depan, seperti kurikulum tentang wisata religius atau syariah nanti.
Dr. H. Amran S.Th.I, M.A, Ph.D Pimpinan STAI Ma’arif Jambi sendiri menanggapi tantangan SAH tersebut mengatakan bahwa kampus pimpinannya sekarang lagi menyusun kurikulum dalam rangka pembukaan program studi wisata halal atau syariah.
“Kita menyambut baik akan peluang ini, makanya STAI Ma’arif akan membuka prodi wisata religi dalam waktu dekat, harapannya bisa meningkatkan SDM wisata Provinsi Jambi,” ujarnya.
Dalam acara itu sendiri selain di hadiri SAH dari komisi X DPR juga tampak Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya Kemenpar Dra.Oneng Setya Harini,MM serta ratusan mahasiswa/i STAI Ma’arif Jambi sebagai peserta.
Bahkan Nuraida salah seorang mahasiswi yang hadir sebagai peserta mengatakan sangat mengapresiasi atas program yang dibawa SAH selaku anggota DPR dari Jambi.
“Saya pikir ini kemajuan bagi kami dengan ada program yang dibawa pak SAH,” tandasnya.(*/hry)
Loading Facebook Comments ...
loading...