Elpiji 3 Kilo Langka, Pedagang Mengeluh

0
Antrian Gas Elpiji (Serujambi.com)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Beberapa hari terakhir, elpiji tabung 3 kilogram langka di Kota Jambi. Warga dan pedagang kecil mengeluh.
Pantauan Serujambi.com di lapangan, Selasa (16/10/2018), pedagang gorengan pikul di sekitar kawasan Sungai Kambang, Telanaipura, Kota Jambi, Jaji (33), mengaku saat ini ia sulit mendapatkan gas elpiji tabung 3 kilo.
Apalagi ia merupakan warga pendatang dari Jawa Barat. Sementara, untuk mendapatkan gas elipiji 3 kilo, harus warga asli Jambi. Karena harus menunjukkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP pada saat membeli gas elpiji 3 kilo di pangkalan. Untuk mendapatkan harus pakai cara menitip dengan orang lain.
“Jadi kalau beli gas elpiji di pangkalan orang Jambi asli, yang dari luar Jambi susah mau membelinya karena tidak memiliki KK dan KTP asal Jambi,” kata Jaji.
Diterangkan, harga gas elpiji 3 kilo di luar pangkalan sekarang beragam, mulai dari kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribuan. Namun jika elpiji 3 kilo tidak dapat di pangkalan, ia terpaksa membeli gas elpiji ukuran di atas 3 kilo. Tentu ini juga berdampak bagi modal berdagang.
“Saya pernah satu hari tidak jualan dikarenakan susah mencari gas elpiji 3 kilo tidak dapat,” tuturnya kepada Serujambicom.
Terpisah, seorang ibu rumah tangga yang juga pedagang bakso, mengatakan, gas elpiji memang sulit didapat.
“Biasanya satu tabung gas elpiji tiga kilo itu untuk dua hari, kalau tidak ada terpaksa beli yang besar,” jelasnya.
Lalu apakah elpiji 3 kilo memang langka? Dan apa penyebabnya? Hingga kini belum diketahui pasti. Pasalnya, pemilik pangkalan mengaku bahwa gas elpiji 3 kilo masih tersedia.
Seperti diungkap M Zaini (34), pemilik pangkalan gas di Kelurahan Selamat, Telanaipura. Kata dia, pasokan elpiji ke tempatnya masih lancar. Seminggu mencapai 200 tabung.
“Sebelumnya gas elpiji 3 kilo seharga Rp 16 ribu, sekarang naik jadi Rp 17 ribu. Menurut saya untuk di kelurahan ini, gas elpiji 3 kilo tidak langka,” tegasnya.
Dijelaskan, untuk membeli gas elpiji 3 kilo memang ada syaratnya. Antara lain, harus menunjukkan KK dan KTP pembeli.(cr07)
Loading Facebook Comments ...
loading...