Fakultas Ilmu Budaya Unja Gelar Seminar Internasional

0
fakultas
Fakultas Ilmu Budaya Unja Gelar Seminar Internasional . (Muslim/Serujambi.com)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Guna Melestarikan budaya melayu untuk integritas indonesia khususnya masyarakat Jambi. Fakultas Ilmu Budaya adakan Seminar Internasional dengan tema “Preserving melayu culture for Indonesia integrity” Selasa (4/12/2018) bertempat di Gedung Balairung, Universitas Jambi.
BACA JUGA: Dikeluarkan di Ujung Tahun, Proyek Tebas Bayang Tuai Polemik
Acara yang diadakan ke tiga kalinya itu langsung di buka oleh Dekan Fakuktas Ilmu Budaya, Prof Drs H Yundi Fitrah M Hum. Acara tersebut juga diisi oleh pemateri-pemateri bermutu tentang pemahaman budaya melayu seperti Prof Dr Amri Marzali dan Prof Madya Dr Zuliskandar Ramli hingga dosen-dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi.
Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof Yundi Fitrah menyampaikan sebagai orang akademisi tentunya harus mengetahui tentang kehidupan orang melayu. Agar kedepan bisa menjaga kelestarian adat-istiadat yang ada saat ini, sehingga tidak terkontaminasi dengan pengaruh budaya luar.
Disela-sela kata sambutannya tersebut, Yundi juga memberikan materi tentang budaya melayu yang ada di Jambi.
“Misalnya orang Rimba dan Batin yang kita kenal dengan Suku Anak Dalam (SAD),” kata Yundi Fitrah.
Selain itu, Pakar Antropologi Sosiokultural, Prof Dr Amri Marzali juga menjelaskan sejarah orang melayu yang ada di Jambi, misalnya Suku Anak Dalam (SAD). Kata dia, orang melayu baru merupakan hasil percampuran orang Batin dengan musyafir diraja India. Sehingga berhasil membangun sebuah kerajaan Melayu Buddha yang terletak di tepi sebuah anak Sungai Batang Hari.
“Lokasinya terletak di pedalaman Jambi, kemungkinan besar di dekat Tanah Garo, Muara Tebo, serta Orang Batin Sembilan pada akhir abad ke-6,” ujar Amril Marzali itu.
Kemudian, Prof Madya Dr Zuliskandar Ramli menambahkan bahwa persepsi orang terhadap dunia melayu bermacam-macam, mulai dari Jawa, Sunda, Minangkabau dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Dinikahi Hulaefi, Lindswell Kwok Resmi Menganut Islam

“Menurut masyarakat Jambi, adat istiadat melayu datang dari dunia Islam, dikarenakan budaya melayu Jambi dominan mengarah ke Islam,” tutup pemateri dari Universitas Malaysia ini.(cr07)
Loading Facebook Comments ...
loading...