Fasha Pamit ke Zola, Pengamat: Menunjukan Sikap Seorang Negarawan

0
Ilustrasi Fasha-Zola
Ilustrasi (Anung W/Seru Jambi)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Pagi Senin (8/1/2018), seharusnya Walikota Jambi Sy Fasha menghadiri penyerahan SK Ketua RT Terpilih di Kenali Asam Atas pada pukul 10.30 WIB. Namun, paginya, tiba-tiba Fasha memerintahkan supirnya untuk mengarahkan mobil dinas Toyota Innova Hitam berplat merah BH 1 AZ ke arah Ancol, Pasar Jambi.
Ternyata, Fasha mendatangi Rumah Dinas Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli. Sontak, kabar ini membuat riuh para awak media. Karena, selama ini tengah menyeruak isu ‘ketegangan’ antara Walikota Jambi Terpilih ini dengan gubernur Jambi.
Fasha sendiri, saat dikonfirmasi usai pertemuan empat mata dengan Zola, mengatakan kalau dirinya selain membicarakan masalah kedinasan. Dia juga meminta izin kepada Gubernur Jambi, untuk pamit undur diri selama masa tahapan Pilkada dimulai.
“Saya mengatakan kepada Pak Gubernur untuk izin  pada tanggal 12 januari nanti sudah penetapan pasangan calon dan saya akan cuti,” ujar Fasha, kepada Seru Jambi, Senin (8/1/2018).
“Juga saya menyampaikan kepada Pak Gubernur pada tanggal 10 saya akan mendaftar di KPU Kota Jambi,” imbuh Fasha.
Respon Zola, sambung Fasha atas penyampaian izin pamit ini, sangat baik. Kata Fasha, sebagai Gubernur Jambi dan Pembina partai politik, Zola mengizinkan Fasha.
“Beliau hanya berpesan, masyarakat kota jambi tidak terpecah belah dengan adanya Pilkada,” singkat Fasha, yang langsung bergegas meninggalkan Rumah Dinas Gubernur.
Sementara itu, momentum yang dilakukan Fasha dengan meminta izin ke Zola ini, menurut Pengamat Politik Provinsi Jambi, Dr Dedek Kusnadi merupaka suatu contoh yang sangat positif.
“Fasha menunjukan sikap seorang negarawan dan ksatria,” ujar Dedek.
Karena, kata Dedek, secara struktur kepemerintahan, Zola memang menjadi atasan dari Fasha.
“Jadi Fasha sadar diri, kalau Zola atasannya. Maka dia tidak segan mengucapkan pamit kepada Zola,” kata Dedek.
Semua itu, sambung Dedek, tentu dilakukan Fasha terlepas dari urusan politik. Karena sampai saat ini, semua tau kalau PAN yang dipimpin Zola masih kukuh mendukung Sani-Izi yang bakal menjadi rival Fasha di Pilkada Juni mendatang.
“Tapi yang jelas tujuannya, menyejukkan suasana politik yang selama ini berlangsung panas,” ungkapnya.
Dedek menambahkan, apa yang dilakukan Fasha, tidak akan membuat Fasha jatuh di mata masyarakat. Malah, justru sebaliknya wibawa Fasha akan terus terdongkrak.
“Jangan salah, elektabilitas Fasha bisa jauh meningkat setelah moment sowan yang dilakukannya hari ini,” ujar Dedek.
Senada juga diungkapkan oleh Direktur Idea Institute, Jafar Ahmad. Dia menilai apa yang dilakukan Fasha akan menimbulkan efek sejuk terhadap Pilkada Kota Jambi yang saat ini tengah memanas menjelang pendaftaran di KPU Kota Jambi.
“Bisa jadi sowannya Fasha Ke Zola akan memberikan efek tersendiri terhadap pilkada yang akan segera terjadi,” ujar Jafar.
Jafar menuturkan, pertemuan tersebut bisa jadi menberikan sinyal arah Partai Amanat Nasional (PAN) kepada Fasha-Maulana.
“Bisa jadi itu sinyal Zola Dan Fasha akan berjalan bersama di pilkada,” tegasnya.
Sebab kata Jakfar, Dukungan Amin Rais sebagai pendiri PAN kepada Fasha cukup memberikan dampak tersendiri pada tubuh partai berlambang matahari terbit tersebut.
“Dengan adanya pendiri pan yang datang dan memberikan dukungan secara tegas pada deklarasi Fasha beberapa waktu lalu, dan saat ini ada pertemuan ini bisa memberikan arah tersendiri,” pungkasnya.(eks/hry)
Loading Facebook Comments ...
loading...