Fasha Resmikan Gedung Dekranasda Kota Jambi

0
SERUJAMBI.COM, Jambi – Komitmen Pemerintah Kota Jambi dibawah kepemimpinan DR. H. Syarif Fasha, ME untuk menjadikan UMKM sebagai basis dan motor penggerak ekonomi unggulan di Kota Jambi, tidak perlu diragukan lagi. Berbagai langkah strategis dan strategi jitu telah diimplementasikan Fasha sebagai upaya memajukan dunia IKM di Kota Jambi.
Salah satunya adalah dengan mendirikan Gedung Dekranasda Kota Jambi, yang akan dijadikan etalase berbagai produk unggulan pelaku UMKM yang ada di Kota Jambi. Rabu (7/2), Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, meresmikan operasional Gedung Dekranasda Kota Jambi.
Secara simbolis Ketua Dekranasda Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha di dampingi oleh Ketua Bhayangkari Cabang Kota Jambi Ny. Irene Fauzi Dalimunthe memotong pita peresmian Gedung Dekranasda Kota Jambi.
Gedung yang terletak strategis di Jalan Sudirman The Hok tersebut, diharapkan menjadi sentra destinasi “one stop shopping” bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Jambi. Lebih dari itu, Fasha pun berharap gedung yang saat ini menjajakan berbagai produk unggulan khas Kota Jambi tersebut, akan menjadi pusaran hadirnya berbagai bentuk ekonomi kreatif di Kota Jambi.
“Kami ingin tempat ini menjadi destinasi belanja dengan konsep “one stop shopping” bagi pengunjung dan wisatawan. Kita ingin seluruh produk UMKM, baik itu makanan, kerajinan batik, songket, gift, souvenir, dan produk ekonomi kreatif lainnya, lengkap ada disini. Dekranasda akan kami jadikan etalase seluruh produk kreatif Kota Jambi,” jelas Fasha
Masih menurut Fasha, tantangan saat ini adalah meningkatkan daya saing serta kreatifitas dari pelaku IKM di Kota Jambi agar dapat berbicara di level nasional.
“Tantangan saat ini yang harus dijawab oleh UMKM adalah menciptakan inovasi, berkreasi dan menciptakan pembeda. UMKM pada dasarnya adalah ekonomi kreatif yang harus banyak melahirkan kreasi, banyak bermimpi, mencipta dan jangan pernah takut gagal. Saya punya mimpi Batik Jambi jadi penghulu di Sumatera karena kita punya ciri khas, pembeda dengan yang lainnya. Ayo jadikan Dekranasda ini jadi wadah anak muda untuk berkreasi dan kita jadikan UMKM selalu naik kelas ke level yang lebih tinggi,” ajak Fasha.
Keseriusan Fasha dalam mewujudkan mimpinya tersebut bukan sekedar isapan jempol semata. Berbagai langkah nyata telah ditempuh Fasha dalam memajukan dunia IKM di Kota Jambi. Melalui kebijakan strategisnya, Fasha telah berhasil mengkolaborasikan berbagai dinas terkait, bersinergibangun ekonomi kemasyarakatan kreatif di Kota Jambi.
Hal tersebut diaminkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi, Komari. Menurutnya Wali Kota Fasha telah mensinergikan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi sebagai upaya dari hulu ke hilir dalam membangun potensi IKM di Kota Jambi.
“Berbagai program unggulan bagi UMKM telah dipersiapkan oleh Pemkot Jambi. Dari hulu, Disnakerkop UMKM bekerja untuk menciptakan bibit IKM di Kota Jambi, dimulai dari pelatihan, pemberian bantuan hingga dapat berdiri secara mandiri. Di hilir, Disperindag mengembangkan potensi UMKM agar “naik kelas” dan lebih maju lagi, baik dari aspek kemasan, produk, hingga manajemennya,” sebut Komari.
Turut hadir pada acara peresmian Gedung Dekranasda Kota Jambi tersebut, Staf Ahli Wali Kota Jambi, Kepala OPD Pemkot Jambi, Camat, Ketua DWP Kota Jambi, Lurah dan pelaku UMKM di Kota Jambi yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Batik Jambi (Asbaja) dan Asosiasi Pengusaha Makanan Minuman Kota Jambi (Asmami). (*/edz)
Loading Facebook Comments ...
loading...