Film G30S/PKI Diputar di Tugu Juang, Kota Jambi

0
SERUJAMBI.COM – Komunitas Pemuda Pecinta NKRI di Jambi memutar film Gerakan 30/S PKI di Tugu Juang, Kawasan Sipin, Kota Jambi, Minggu malam, 30 September 2018.
Dilansir dari laman Inilahjambi.com (media partner Serujambi.com), pemutaran film tersebut memperingati Gerakan 30 September PKI dengan tujuan mengulas kembali sejarah dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang gerakan terlarang PKI.
Ketua Komunitas Pemuda Pencinta NKRI Tengku Gilang Pramanda mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif kaum muda di Jambi, untuk mengingat kembali sejarah PKI ke seluruh masyarakat umum karena PKI adalah organisasi dan partai terlarang merusak secara ideologi dan tindakan yang membuat keresahan di masyarakat Indonesia.
Ia mengaku pemutaran telah disetujui oleh aparat, dan memang tak ramai dari tahun sebelumnya.
“Namun setelah ini Kita akan menyebar film dokumenter sebarkan ke masyarakat berupa kaset soft copy supaya masyarakat memahami terhadap PKI,” ujarnya.
Ia sengaja memutar film di Tugu Juang. Baginya Tugu Juang adalah tempat bersejarah sebagai tempat titik pertempuran tentara Indonesia melawan penjajah Belanda. TNI rela mengorbankan jiwa dan raga demi mengupas PKI untuk umat bangsa.
“Khususnya bagi veteran ikut dalam berjuang melawan PKI,” katanya.
Komunitas itu menyediakan teh kopi gratis dan buku sejarah tentang sejarah G30S/SPKI untuk menemani nonton film ini.
Pantauan di lapangan, awalnya kegiatan tersebut dijadwalkan 19.30 WIB. Namun dimulai sejak pukul 20.30 WIB, pemutaran film selama empat jam lamanya. Pemutaran film itu diawali oleh pembacaan pancasila yang ditayangkan oleh panitia di layar lebar yang tersedia.
Sekitar puluhan masyarakat menonton di tribun dan lantai yang sudah disediakan panitia. Warga tampak serius menonton film itu, bahkan ada yang membawa istri dan anak. (fok)
Loading Facebook Comments ...
loading...