Fokus UMKM Upayakan Akses Pasar Produk Pengrajin

0
Pengrajin batik. Foto: Ilustrasi
SERUACEH.COM, Lhokseumawe – Forum Komunikasi (Fokus) Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara akan berupaya menembus pasar lokal dan nasional terhadap produk pengrajin di daerah itu.

Ketua Umum Ketua Umum Yayasan Cabang Fokus UMKM Lhokseumawe dan Aceh Utara, Deni Saputra di Lhokseumawe, Selasa (9/1), mengatakan, salah satu program kerja pihaknya adalah mengupayakan akses pasar bagi produk UMKM yang ada di daerah tersebut.

Dikatakan, salah satu upaya menembus pasar lokal dan nasional adalah dengan mengikutsertakan produk UMKM dalam berbagai pameran, sehingga akan lebih dikenal luas dan memberi efek baik terhadap pelaku usaha di daerah.

Langkah lainnya adalah menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder agar lebih memperkenalkan produk UMKM supaya diterima pasar, ujar dia.

“Dengan mengupayakan keikutsertaan didalam berbagai even pameran dan juga kerjasama dengan stakeholder, diharapkan kegiatan UMKM akan dapat lebih berkembang lagi,” ujar Deni Saputra.

Ia menyebutkan, selain fokus untuk pengembangan produk, diawal tahun 2018, pihaknya akan berupaya menyelesaikan semua permasalahan UMKM, baik dari segi perizinan usaha, internalisasi organisasi dan membangun kemitraan dengan stakeholders.

Ia juga akan melakukan pembukaan sekretariat sekaligus sebagai tempat galery produk yang akan berfungsi sebagai tempat pusat oleh-oleh khas Lhokseumawe dan Aceh Utara serta bussiness center untuk pusat pembinaan, pelatihan, pengkajian strategis UMKM. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: