Harga Bawang Merah di Ternate Normal

0
Ilustrasi Bawang Merah. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), menyatakan harga bawang merah dalam sepekan terakhir masih normal dengan harga Rp35 ribu per kg dan tidak terjadi kenaikan seperti pada bulan sebelumnya.

“Harga bawang merah di pasar tidak terjadi kenaikan, dimana awalnya di harga Rp38 ribu per kg dan hari ini ini telah normal Rp35 ribu per kg,” kata Kadisperindag Kota Ternate, Nuryadin Rachman di Ternate, Jumat.

Nuryadin mengakui, meskipun harga normal, tidak menutup kemungkinan harganya akan naik jika mendekati momentum Ramadan pada Mey 2018 mendatang.

Sebab untuk sekarang ada harga barang yang naik dan ada juga barang yang harganya menurun, sehingga kenaikan itu masih bisa di bilang normal.

Sebelumnya, kenaikan harga ini juga di pengaruhi oleh cuaca karena rata-rata distribusi komoditas ini dari luar Malut diantaranya, Makasar, Surabaya, dan Manado, sehingga cuaca seperti ini kapal yang mengantar bahan pokok (bapok) sedikit mengalami keterlambatan.

Dia juga menambahkan, kondisi seperti ini jangan sampai ada pengalihan-pengalihan, sehingga diupayakan agar para distributor ini khususnya bisa menjaganya dan dari pihak Disperindag juga akan melakukan pengawasan dengan cara turun langsung di lapangan.

Selain itu, Jika harga komoditas mengalami kenaikan yang tidak wajar maka pihak Disperindag akan mengintervensi dengan melakukan operasi pasar yang melibatkan distributor tersebut, sehingga pengecer yang mengambil harga dari distributor itu langsung diproteksi.

Sementara itu, untuk harga bawang putih harganya di berbagai pasar tradisional di Kota Ternate rata-rata dijual dengan harga Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kg.

Untuk itu, dia berharap agar para distributor dan pengecer harus mengikuti ketersediaan yang ada untuk di distribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat jangan nanti di satu sisi ketika harga bawang merah naik terus ada sebagian yang melakukan penjualan ke daerah lain maka akan terjadi kelangkaan stok.(fok/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: