Hendri Sastra Seret Kabid Bina Marga PU Tanjabbar

0
Hendri Sastra saat mengikuti sidang kasus Pipanisasi Tanjungjabung Barat. Foto: Wawan/Serujambi.com
Hendri Sastra saat mengikuti sidang kasus Pipanisasi Tanjungjabung Barat. Foto: Wawan/Serujambi.com
SERUJAMBI.COM – Hendri Sastra, salah seorang terdakwa kasus pembangunan pipanisasi air bersih Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), terus “bernyanyi”. Teranyar, pihak Hendri Sastra menyeret-nyeret Arif Sambudi, PPK dan PPTK proyek itu -Arif kini menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga di Dinas PU Tanjabbar-.
Lewat kuasa hukumnya, Said Effendi, Hendri mempertanyakan keterlibatan Arif Sambudi pada pusaran kasus mega proyek itu.
BACA JUGA: Kasus Pipanisasi, Hendri Sastra Sebut Pembagian Fee Proyek di Rumah Pejabat Kawasan Pal Merah
Menurut Said, semestinya Arif Sambudi, yang kala itu menjabat sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) sekaligus pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) pada proyek pembangunan pipanisasi itu, mengetahui secara persis detail pelaksanaan proyek.
Mulai dari pemenang tender, pelaksana lapangan, aliran uang dan segala hal mengenai proyek itu, semua di bawah kendali Arif Sambudi sebagai PPK-PPTK.
“Masak PPK-PPTK tidak tahu menahu. Mestinya dia yang paling tahu teknis kegiatan. Kok malah dia tidak dijadikan tersangka oleh Kejati,” tutur Said kepada Serujambi.com, Senin (5/11/2018) malam.
Menurut Said, mestinya yang dijadikan tersangka lebih dahulu oleh Kejati Jambi adalah PPK-PPTK, bukan malah kepala dinas dan kontraktornya.
“PPK-PPTK termasuk PHO (Provisional Hand Over: tim pemeriksa akhir atau serah terima pekerjaan) harusnya paling tahu,” jelasnya.
BACA JUGA: Kejati Tahan 4 Tersangka Pipanisasi, Proyek Serupa di Tanjabbar Masih Jalan
Selain itu, Said menyebut bahwa kliennya, Hendri Sastra, hanya sebagai pelaksana harian (Plh) Kadis PU Tanjabbar. Hendri menggantikan Kadis terdahulu yakni Andi Nuzul.
Setelah ia tidak lagi menjabat sebagai Plh Kadis PU Tanjabbar, jabatan itu diduki oleh Sabar Barus.
“Jadi yang menandatangani penyelesaian proyek adalah Sabar Barus. Kan Hendri Sastra cuma menjabat di antara Andi Nuzul dan Sabar Barus. Perencanaan di zaman Andi Nuzul, penyelesaian di zaman Sabar Barus,” beber Said, lagi.
Untuk diketahui, tadi siang, Arif Sambudi telah menjadi saksi pada kasus ini. Namun, selama persidangan, Arif terkesan memberi keterangan yang berbelit-belit ketika ditanya hakim seputar teknis proyek pipanisasi Tanjabbar.
Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari Kabid Bina Marga PU Tanjabbar Arif Sambudi.(den)

 

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: