Hujan dan Salju yang Mencair Akibatkan Banjir di Beberapa Bagian Kroasia

0
Ilustrasi-Banjir
Ilustrasi-Banjir
SERUJAMBI.COM – Beberapa bagian Kroasia pada Senin (19/3) berjuang menghadapi banjir akibat hujan dan salju yang mencair.

Sekitar 100 kilometer di sebelah tenggara Ibu Kota Kroasia, Zagreb, air Sungai Sava di Jasenovac mencapai ketinggian 920 centimeter pada Senin malam, kata stasiun televisi negara.

Permukaan air naik satu sentimeter per jam dan diperkirakan mencapai puncaknya pada Selasa, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi. Kenaikan permukaan air tertinggi sebelumnya –907 centimeter– dicatat pada 1970.

Tentara Kroasia dikerahkan untuk membantu warga yang rumah mereka telah direndam air. Keadaan darurat diumumkan di Jasenovac pada Ahad.

Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic menghadiri pertemuan darurat krisis di Jasenovac dengan para menterinya dan pejabat pemerintah lokal pada Senin.

Pada 13 Maret, selama pertemuan krisis serupa di Kroasia Tengah, tanah longsor mengakibatkan puluhan rumah rusak parah.

Banjir saat ini di Kroasia adalah akibat dari salju tebal yang turun pada akhir Februari dan hujan lebat baru-baru ini. Sejauh ini tak ada laporan mengenai korban jiwa.(fok/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: