Hujan Empat Jam, Dua Desa Terendam Banjir

0
Banjir yang menggenangi pemukiman dua desa di tanjab barat. Foto: Rolis/Serujambi.com
Banjir yang menggenangi pemukiman dua desa di tanjab barat. Foto: Rolis/Serujambi.com
SERUJAMBI.COM, Kualatungkal – Memasuki musim penghujan, bencana banjir kembali menghantui masyarakat Kabupaten Tanjab Barat di kawasan ulu. Rabu (7/11/2018), banjir melanda dua desa di kecamatan Muara Papalik. Dua desa yang terkena banjir tersebut yaitu desa Intan Jaya dan Desa Sungai Papauh.

BACA JUGADi Batanghari, Pembangunan Jalan Lingkungan Telan Anggaran Rp 14 Miliar

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, banjir yang menggenangi kawasan tersebut terjadi sejak pagi hari. Ketinggian air mencapai 1 meter di beberapa titik. Akses jalan menuju desa juga terputus. Tercatat setidaknya 40 rumah warga terendam.
Ridwan, Camat Muara Papalik, menyebutkan, akibat banjir tersebut ada puluhan rumah yang terdampak. Bantuan sempat kesulitan untuk masuk, karena akses jalan yang terputus.
“Akses jalan menuju dan keluar terputus. Karena genangan air di jalan,” jelasnya.
Camat juga menyebutkan, tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut. Hanya saja, kerugian materil cukup besar. Karena banyak barang-barang warga yang rusak. Untuk sementara, warga yang rumahnya terendam banjir terpaksa mengungsi ke rumah warga lain yang tidak terkena banjir.
Sementara itu, menurut Roni, warga kecamatan Papalik, banjir terjadi sejak subuh. Hal ini disebabkan hujan lebat yang terjadi pada malam hari. Selain itu, banjir diduga juga merupakan kiriman dari wilayah ulu.
“Disini dulunya jarang banjir, baru beberapa tahun ini mulai sering banjir. Kebanyakan banjir itu kiriman dari wilayah ulu sungai,” sebutnya.
Sementara itu, guna membantu warga yang terkena bencana banjir, Pihak kecamatan, polsek, Babinsa dan lainnya masih standby di lokasi. Petugas diminta untuk siap siaga dan juga melakukan patroli.
camat menyebutkan, untuk kondisi korban yang terdampak banjir, sudah dalam keadaan aman. Hanya saja bantuan harus segera diberikan. Selain itu pemerintah juga akan menyiapkan tenda pengungsian dan tanggap darurat.

BACA JUGATak Punya Uang, Bocah-bocah Mabuk Air Rebusan Pembalut Wanita

“Korban masih dilingkungan sekitarnyalah dengan masyarakat, keluarga terdekat,” katanya. (Iis)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: