Jalan Nyogan Rusak, Dewan Sebut PT Sangga Langit Energi Sebagai Penyebab

0
Dewan turun ke lokasi jalan nyogan yang rusak. Foto: Doni/Serujambi.com
Dewan turun ke lokasi jalan nyogan yang rusak. Foto: Doni/Serujambi.com
SERUJAMBI.COM, Sengeti – Keberadaan PT Sangga Langit Energi yang merupakan perusahaan tambang batubara di Desa Nyogan, dinilai salag satu penyebab kerusakan jalan di Kabupaten Muarojambi. Hal ini disesalkan wakil rakyat DPRD Muarojambi Kamaluddin Havis.

BACA JUGA : Siang Ini, Zumi Zola Hadapi Sidang Tuntutan

Kamaluddin mengatakan, ruas jalan Simpang Gudang Nyogan menuju ke Tempino yang berada di Kecamatan Mestong, saat ini sudah rusak parah. Padahal jalan tersebut belum lama dibangun. Ini diakibatakan lalu lalangnya truk angkutan batubara yang bertonase berat di jalan tersebut.
“Jalan ini baru kita bangun, sekarang sudah rusak parah dan berlubang. Baru setahun di bangun jalan ini. Jalan ini miliaran, mereka lalu lalang di sini tidak ada kontribusinya terhadap pemerintah daerah Muarojambi,” kata anggota DPRD Muarojambi ini, saat turun langsung ke lokasi.
Ditambahkan, pembangunan jalan ini bersamaan dengan beroperasinya perusahaan batubara tersebut. Namun, hingga kini belum ada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapat dari perusahaan batubara tersebut. Sementara transportasi angkutan mereka melintasi jalan yang dibangun menggunakan APBD Kabupaten Muarojambi.
“Dalam waktu dekat kita akan segera panggil pengusaha batubara itu. Karena sudah berdiri setahun di Desa Nyogan, kita akan pertanyakan apa komitmen mereka untuk pemeliharaan jalan ini. Karena dia mencari keuntungan dengan jalan yang kita bangun menggunakan dana APBD Kabupaten Muarojambi,” tegasnya.
Selain itu, jika jalan ini putus dan hancur, pasti masyarakat menyerang pemerintah bahwa pemerintah tidak bangun jalan itu. Sudah jelas perusahaan batubara itu belum ada PAD untuk Kabupaten Muarojambi.
“Jika jalan ini putus, masyarakat taunya pemerintah tidak memperhatikan. Tapi, sudah bagus, yang menghancurkan pengusaha batubara,” tandasnya.

BACA JUGA : Parah! Anak Diperkosa Ayah Kandung di Atas Tikar

Untuk diketahui, pemilik kawasan pertambangan tersebut adalah PT Agro Makmur. Sedangkan PT Sangga Langit Energi hanyalah pelaksana tambang batubara itu.(don)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: