Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Kurban Akan Diperiksa

0
Ilustrasi sapi ternak
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Jelang Hari Raya Idul Adha 1439 H yang tinggal beberapa pekan lagi. Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan akan melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan yang akan di kurbankan.
Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Zulmanuddin.
“Meskipun Pemda kita tidak melakukan pengadaan sapi untuk kurban, pihak kita akan tetap saja melakukan pengecekan kesehatan untuk hewan yang akan di kurbankan,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan, Zulmanuddin Senin (30/7/2018).
Dikatakannya, pihaknya telah mewacanakan pengecekan hewan tersebut akan dimulai seminggu sebelum hari H sampai 2 hari menjelang hari H.
“Iya, pokoknya sampai dua hari menjelang Idul Adha semua sudah kita cek,” tegasnya.
Dikatakannya pula, untuk pengecekan hewan ternak sendiri akan dilakukan di dua lokasi berbeda. Lokasi pertama pengecekan di RPH dan lokasi kedua untuk pengecekan tersebut di tingkat kecamatan.
“Dalam pengecekan nanti, yang diwaspadai dan sering ditemukan cacing pita, yang menjadi sasaran. Sementara dua tahun belakangan ini, saat kita melakukan pengecekan juga tidak ada ditemukan sapi yang terdeteksi cacing pita,” ungkapnya.
Dijelaskannya, untuk hewan betina yang sedang atau dalam masa hamil itu dilarang untuk disembelih. Khususnya di wilayah Batanghari saat ini masih dalam tahap sosialisi juga.
“Jika ada yang memotong sapi hamil maka akan dikenakan sanksi pidana. Karena ada aturan yang tertuang dalam UU terkait hal itu. Yakni UU Pertenakan dan Kesehatan Hewan Nomor 41 tahun 2014. Kalaupun nanti diterima di RPH dengan keadaan seperti itu akan kita tolak. Dan kita sosialisasikan kemasyarakat terlebih dahulu,” pungkasnya.(riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: