Jual Obat Keras Keliling, Tiga Orang Pria Diamankan Polisi

0
SEUJAMBI.COM – Kepolisian Sektor Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menangkap tiga tersangka pengedar obat keras terlarang jenis Seledryl dan menyita barang bukti 648 butir atau 54 keping obat terlarang.
“Ketiga tersangka diamankan beserta sejumlah barang bukti yang ditemukan saat dilakukan penangkapan di kawasan pasar mingguan Maranen di Desa Bukit Sawit Kecamatan Teweh Selatan oleh polisi setempat” kata Kasat Narkoba Polres Barito Utara AKP Tugiyo di Muara Teweh, Minggu.
Ketiga tersangka itu Sarbini (57) warga Kelurahan Harus RT 02 Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, Misrani (39) warga Kelurahan Halangan Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong, Kalsel dan H Untung (40) warga Kelurahan Ampah Dua Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, Kalteng.
Para tersangka merupakan pedagang keliling mingguan yang menjual obat-obatan, jamu dan lainnya ditangkap pada Sabtu (5/5/2018) sekitar pukul 14.30 WIB di kawasan pasar baru Maranen Desa Bukit Sawit di blok E Nomor 4, blok G Nomor 10 dan blok G nomor 12.
“Polisi menemukan barang bukti obat merk Seledryl dari Sarbini sebanyak 216 butir (18 keping) dan uang Rp20.000, Misrani 168 butir (14 keping) dan H Untung 264 butir (22 keping) dan uang Rp100 ribu,” katanya.
Tersangka menyimpan dan pemperjualbelikan obat kode keras tersebut dalam jumlah yang tidak sewajarnya tanpa dilengkapi resep dokter dan diduga dilakukan secara ilegal.
“Saat ini tersangka telah dibawa ke Polres Barito Utara,” kata dia pula.
Ketiga tersangka dijerat dalam pasal 196 Jo pasal 98 ayat (2) dan (3) atau pasal 197 Jo 106 ayat 1 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman kurungan selama 10 tahun yakni tindak pidana setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan yg tidak memiliki ijin edar dan tidak memenuhi standart dan/atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan dan mutu.
Obat seledryl merupakan obat batuk yang dapat membuat efek mabuk.
“Kami akan terus mengembangkan kasus ini hingga para pelaku pengedar dan bandar lainnya bisa tertangkap,” katanya.(fok/ant)
Loading Facebook Comments ...
loading...