Jumlah BUMDes di Sarolangun Masih Minim

0
Bumdes
Ilustrasi
SERUJAMBI.COM, Sarolangun – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Sarolangun, masih masuk kategori minim. Pasalnya, dari 149 desa yang ada, baru 45 BUMDes yang terbentuk. Minimnya BUMDes ini, disebabkan masih minimnya kreativitas pemerintah desa.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sarolangun, Ahmad Zaidan, menyatakan, jika dirinya sangat menyayangkan kondisi ini.  Sebab dengan minimnya jumlah BUMDes, menunjukan banyak desa yang kurang kreatif dalam mengali potensi desa masing-masing.
“Banyak sektor yang bisa dimanfaakan sebagai lahan garapan Bumdes,  mulai dari ekonomi kreatif sampai dengan sektor pertanian,  jadi tidak sulit rasanya,” kata Zaidan.
Dia juga mengungkapkan, prosedur pendirian BUMDes ini sebenarnya tidaklah sulit. Semua prosesnya dipermudah. Bahkan jika kekurangan modal,  boleh diambil dari dana desa. Tapi tentunya  diambil dari alokasi pemberdayaan.
Menyikapi ini, Zaidan mengatakan, pihaknya akan terus mendorong pemerintah desa untuk bisa mengali potensi desa setempat. Sebab, dengan adanya BUMDes, bisa menghasilkan in come untuk desa.  “Kita akan terusgencar melakukan motivasi dan sosialiasi,  agar terbentuk kemandirian desa,” pungkasnya. (uis)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: