Kapolda Jambi Pimpin Secara Langsung Upacara Sumpah Pemuda

0
kapolda
Kapolda Jambi pimpin langsung upacara Sumpah Pemuda. (Wawan/Seru Jambi)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Jambi, Irjen Pol. Muklis As, menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018, bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Senin (29/10/2018).
Dikatakan Kapolda dalam sambutannya, saat ini pemuda di Indonesia berhutang budi kepada para tokoh pemuda yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Dari deklarasi tersebut menciptakan pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia.
Tidak hanya itu,  dalam agenda itu juga membangun komitmen dalam menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Ia juga mengatakan, komitmen kebangsaan diciptakan para pendahulu harus tetap diteladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia.
“Hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018,” Ujar Kapolda.
Dilanjutkan, hari sumpah pemuda ke-90 kali ini mengambil tema “BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri.
Selain itu, harus demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Ditambahkan, tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar pesta demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tingkat I dan DPRD Tingkat II.
“Untuk itu dituntut peran serta dan tanggung jawab pemuda dalam mensukseskan proses pemilihan umum nanti. Partisipasi aktif pemuda dalam PEMILU 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas,” tandasnya.
Pantauan Serujambi.com.dilapangan, selepas upacara, Kapolda Jambi, Danrem, Pejabat OPD, unsur Forkompimda, tokoh masyarakat, dan pelajar menggelar Kirab Merah Putih Sumpah Pemuda Provinsi Jambi dengan rute lapangan Kantor Gubernur Jambi – Simpang RSUD Raden Mattaher Jambi dan Kembali Lagi ke Lapangan Kantor Gubernur Jambi. (den)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: