Kasus Baliho, Mantan Kabiro Humas Kembali Disidang

Sebagai Saksi Kasus Korupsi Bilboard Jilid III

0
ilustrasi sidang
ilustrasi sidang
SERUJAMBI.COM, Jambi – Asvan Deswan, mantan Kepala Biro Humas Provinsi Jambi akan kembali dipanggil sebagai saksi dalam dugaan korupsi Pengadaan Bilboard tahun 2012. Selain Asvan yang saat ini masih menjalani hukuman dalam kasus yang sama, Jaksa Penuntut Umum (JPU) juga akan menghadirkan mantan Sekda Syarahsaddin, Firdaus dan Hani (penjaga mess Jambi).
Pemanggilan Asvan dan Syaddin ini merupakan upaya dalam mengungkap kasus yang melibatkan Hermansyah, adik dari mantan Sekda Provinsi Jambi, Syarahsaddin tersebut.
“Benar, besok (hari ini, red) kita akan memanggil Asvan Deswan, Syarahsaddin, Firdaus dan Hani dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi,” kata Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi, Deddi Susanto, kemarin (7/1/2018).
Deddi menegaskan, untuk kehadiran dari Syarahsaddin pihaknya masih menunggu konfirmasi dari yang bersangkutan. Kata dia, mantan sekda tersebut merupakan saudara kandung dari terdakwa.
Untuk diketahui, Hermansyah ditetapkan sebagai tersangka oleh Penyidik Subdit III Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi pada Oktober 2017 lalu.
Sementara itu, Polda Jambi melimpahkan kasus adik sekda tersebut ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi pada 6 November 2017 untuk menjalani proses selanjutnya. Terdakwa korupsi bilboard tersebut langsung mendekam di lapas kelas IIA Kota Jambi.
Kasus ini juga melibatkan sejumlah nama lain yakni Novri Hasan selaku PPTK pengadaan dan Wahyudi selaku Ketua Panitia Lelang, Kemudian, Asvan Deswan selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dan Handoko selaku rekanan dari PT Petraco.
Keempat terdakwa tersebut telah menerima vonis dan tengah menjalani hukuman. Sementara, hasil audit BPK dalam kasus ini kerugian negara mencapai Rp 1,3 miliar. Sedangkan untuk pasal yang di dakwakan kepada  Hermansyah yakni  pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 Undang-undang Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(eks/jin)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: