Ke Mana Arah PAN?

-SK Tak Kunjung Turun di Kota Jambi -DPP PAN Dinilai Bimbang

0
Ilustrasi (Anung W/Seru Jambi)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Ke mana arah PAN? Pertanyaan ini kerap terdengar di Kota Jambi. Pasalnya, hingga sehari sebelum pendaftaran pasangan calon untuk Pilkada Kota Jambi 2018, partai berlambang matahari terbit ini tak kunjung menurunkan SK dukungannya.
Baik kepada Fasha-Maulana ataupun pada penantangnya Sani-Izi. Sementara, waktu semakin mepet, KPU Kota Jambi, hari ini Rabu (10/1/2018) menyatakan sebagai hari pendaftaran pasangan calon yang akan berlaga pada perebutan BH 1 AZ.
Menurut Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli,’tertahannya’ SK dukungan PAN di pusat. Bisa disebabkan adanya kebimbangan yang terjadi di DPP PAN.
“Mereka bimbang dan ragu memutuskan arah dukungannya. Karena, pilihannya cuma dua, Fasha-Maulana atau Sani-Izi,” ujar Hadi, saat dibincangi Seru Jambi, Selasa (9/1/2018).
Kebimbangan ini, sambung Hadi, tentu didasari beberapa pertimbangan. Misalnya, DPP menginginkan ‘tiket PAN’ diberikan kepada Fasha-Maulana, dengan alasan tingkat elektabilitas dan popularitas, petahana memang diakui sangat jauh dari Abdullah Sani.
“Mungkin tolak ukur survei yang selama ini dilakukan oleh lembaga survei yang ada juga sama dengan survei yang dilakukan DPP PAN. Sehingga jika mengacu kepada hasil survei, muncul nama Fasha-Maulana, sehingga mereka semakin ragu,” ujar Hadi.
Hadi melihat untuk di Kota Jambi, memang ada ‘kepentingan’ ego yang terselip. Hal ini nampak jelas pada saat deklarasi pasangan Fasha-Maulana, yang mana pendiri PAN Amien Rais secara terang-terangan mendukung Fasha-Maulana. Sementara, tidak ada satupun pengurus PAN baik di Kota maupun Provinsi yang ikut serta dalam deklarasi. “Ini sudah menandakan tidak klop antara DPP dan DPW PAN yang ada di Jambi,” ujar Hadi.
Sementara, Provinsi Jambi merupakan salah satu kantong suara PAN yang sangat diperhitungkan di tingkat nasional. “Tentu jika PAN kalah di Kota Jambi, itu akan menjadi bahan evaluasi para pengurus di tingkat pusat,” jelas Hadi.
Hal senada juga diungkapkan oleh Akademisi Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi, Dr Dedek Kusnadi. Dia mengatakan, dari ‘tersendat’nya dukungan PAN dapat terlihat bahwa ada ketidakharmonisan PAN di tingkat pusat dengan PAN yang ada di Provinsi Jambi.
“Dari situ sudah nampak ada masalah di internal PAN,” ujar Dedek.
Satu hal yang sampai saat ini masih menjadi tanda tanya, sambung Dedek, yakni hasil survei yang dilakukan PAN beberapa bulan yang lalu, hingga saat ini belum sama sekali diekspose ke publik.
“Hasil survei kan salah satu indikator PAN dalam memutuskan dukungan, tapi masyarakat tidak pernah tahu apa hasilnya. Apakah ada yang salah dengan survei itu?, ini yang masih menjadi tanda tanya,” cetusnya.
Terpisah, Sekretaris DPD PAN Kota Jambi, Widodo mengakui hingga saat ini SK dukungan belum diterima oleh DPD PAN Kota Jambi.
“Mudah-mudahan besok SK dukungan kita terima, dan dapat diserahkan ke Sani-Izi sebelum jadwal pendaftaran dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB, besok (hari ini)” ujar Widodo.
Widodo, juga menambahkan direncanakan besok setelah penyerahan SK dukungan, langsung dilanjutkan dengan pendaftaran ke KPU Kota Jambi.
“Titik kumpulnya besok ada dua tempat, yakni di DPW PAN Provinsi Jambi dan PDIP Provinsi Jambi,” ucapnya.
Hal yang sama juga dikatakaan oleh Tim Sani – Izi, Aswan Usman mengatakan pendaftaran di KPU Kota Jambi begitu SK PAN diterima.
“Insya Allah SK dukungan akan segera siap, Koalisi PDIP dan PAN” ujarnya.
Sedangkan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Zumi Zola Zuklifli, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp (WA), , mengatakan,  hari ini akan diumumkan secara resmi ‘tiket PAN, untuk Kota Jambi.
“Insya Allah besok akan disampaikan berita resminya,”
Saat ditanya bocoran apakah pilwako terjadi duel atau hanya melawan kotak kosong, Zola menjawab, biarkan indah pada waktunya. “Jadi bocorannya diumumkan besok,” singkatnya.(hry)
Loading Facebook Comments ...
MEDIA PARTNER: