Kebutuhan Hewan Kurban Mengalami Kenaikan

0
Ilustrasi Daging Kurban. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Jambi – Kebutuhan hewan kurban untuk Hari raya Idul Adha tahun ini, di kota Jambi diprediksi meningkat sebesar 5-10 persen dari tahun 2017.
Kabid Peternakan Dinas Pertanian Peternakan Perikanan dan Kehutanan (DP3K) Kota Jambi, Said Abu Bakar, mengatakan hewan kurban untuk kota Jambi tahun ini diprediksi mencapai 2.812 ekor, ternak Sapi mencapai 1.776 ekor, kerbau 94 ekor sedangkan kambing/domba mencapai 942 ekor.
“Realisasi pemotongan hewan kurban tahun lalu (2017) sebanyak 1.772 ekor sapi, 92 ekor kerbau serta 915 ekor kambing/domba atau diprediksi meningkat sekitar 5-10 persen ditahun ini,” sebut Said Abu Bakar, dilansir Rakyatjambi.co (media partner Serujambi.com) Selasa (31/7/2018).
Sejauh ini berdasarkan koordinasi dengan penyedia hewan kurban, ketersediaannya aman dan tercukupi. Said menambahkan, langkah-langkah kesiapan menyambut hari raya Idul Adha 1429 Hijriah, DP3K Kota Jambi melakukan pendataan prakiraan kebutuhan, pendataan pedagang dan jumlah ternak, pemeriksaan kesehatan hewan kurban sebelum dan setelah pemotongan disejumlah titik pemotongan.
“Pendataan prakiraan kebutuhan sudah kita lakukan, berikutnya melakukan pendataan pedagang, baik petani ataupun ternaknya dilaksanakan minggu depan dan satu minggu jelang hari H dilakukan pemeriksaan hewan kurban,“ lanjutnya.
Untuk pemeriksaan hewan kurban sebelum pemotongan tersebut, petugas yang diturunkan akan memberikan label sehat kepada hewan kurban yang diperiksa, sebagai jaminan kesehatannya.
Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat ataupun panitia kurban yang mencari hewan kurban agar memastikan sapi/kerbau atau kambing yang digunakan sudah berlabel sehat.
“Belilah hewan ternak yang telah diperiksa kesehatannya, yakni ada label sehatnya, jika belum, dapat ditanyakan kepada pemilik atau tidak membeli tanpa label sehat,” ujarnya.
Dirinya juga menghimbau pada saat pemotongan nanti, daging kurban yang akan didistribusikan kepada penerima haknya dibagikan dalam kemasan kantong palstik putih dan bukan kantong plastik berwarna, terlebih berwarna hitam.
“Hindari penggunaan kantong plastik hitam,” ungkapnya.
Sementara itu, untuk kisaran harga pasaran hewan kurban, untuk sapi ras bali/ Madura/local sebesar Rp 14 juta hingga Rp 18 juta, Ras PO Rp 18 juta hingga Rp 25 juta, kerbau Rp 18 juta hingga Rp 25 juta dan kambing/domba Rp 2,5 juta hingga Rp 4,5 juta.
”Harga dipatok berdasarkan ukuran dan kondisi ternak,“ tutup Said. (esa/rj)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: