Kejari Muarojambi Tahan Tersangka Kasus ITE

0
SERUJAMBI.COM, Sengeti – Berhati-hatilah dalam menggunakan Media Sosial (Medsos). Kini, IM warga Desa Setiris, Kecamatan Maro Sebo, Muarojambi hanya bisa pasrah karena telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Sengeti dalam kasus penyalahgunaan Medsos atau ITE.
Kasipidum Kejaksaan Negeri Sengeti, Bambang Harmoko mengatakan bahwa kasus yang menjeratkan IM tersebut, sudah masuk pada tahap dua.
“Perkara ITE atas nama tersangka IM ini di limpahkan dari penyidik ke Kejaksaan pada hari Jumat 28 September 2018, sekitar pukul 12 siang,” kata Bambang Harmoko.
Ditambahkannya, setelah menjalani proses penyerahan berkas dan barang bukti dari penyidik Polres Muarojambi kepada Kejaksaan Negeri Sengeti. Kata dia, tersangka IM ditahan di Lapas Kelas II A Jambi selama 20 hari kedepan.
“Tersangka di lakukan penahanan rutan selama 20 hari. Tersangka juga sempat menolak untuk menandatangani berkas berita acara penahanan. Namun, kita tetap lakukan upaya dan akhirnya tersangka sudah kita bawa LP,” ujarnya.
Lebih lanjut, Bambang Harmoko menyampaikan bahwa kasus ini berawal dari postingan IM pada akun Sosmed Facebook miliknya, yang mana IM membuat status yang berunsur penghinaan terhadap seorang perempuan. Diketahui perempuan yang dimaksud dalam postingan yakni mantan pacarnya.
“Penghinaan itu dilatar belakangi oleh hubungan asmara. Sehingga kini korban berinisial S melaporkan kepada pihak polisi,” tuturnya.
Sementara itu, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya IM dikenakan pasal 45 Ayat 3 Jo Pasal 27 Ayat 3 UU RI Nomor 19 Tahun 2026 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
“Untuk ancaman hukumannya 4 sampai 6 tahun kurungan penjara,” tandasnya.(don)
Loading Facebook Comments ...
loading...