Kemenag Jambi Menanti Keputusan Pusat Terkait Peluncuran Kartu Nikah

0
Ilustrasi buku dan kartu nikah (ist)
Ilustrasi buku dan kartu nikah (ist)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Kementerian Agama telah meluncurkan Kartu Nikah bersamaan dengan dirilisnya Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah Berbasis Website (Simkah Web) pada 8 November 2018 lalu. Namun, untuk di Provinsi Jambi sendiri masih menanti keputusan dari pemerintah pusat.

BACA JUGA : Breaking News! Diduga Kesentrum, Dua Anak Tewas di Kolam Hotel Rumah Kito

Kepala Sub Bagian Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Thoif ketika dikonfirmasi Serujambi.com via telepon selularnya Sabtu (17/11/2018) mengatakan, untuk peluncuran di Jambi saat ini masih menanti proses dari pusat. Ia menjelaskan, dengan sistim yang berbasi web itu, tentunya memerlukan sosialisasi serta pelatihan di masing-masing Kantor Urusan Agama (KUA).
“Walaupun sudah di luncurkan di pusat, di Jambi tetap menunggu intruksi,” ujarnya.
Dijelaskannya, dengan diluncurkannya kartu nikah ini bukan berarti buku nikah tidak berlaku lagi. Akan tetapi, setelah diterbitkannya kartu nikah otomatis membuat masyarakat lebih simple dalam pengurusan seperti paspor dan visa yang memerlukan buku tersebut.
Sebab, kartu nikah yang diberikan kode QR dan terkoneksi langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), secara otomatis dapat melihat data-data pemilik.

BACA JUGA : Pengawas PU Provinsi Arogan, Ditanya Soal Proyek Jalan Pattimura Bikin Macet

“Masyarakat yang baru menikah tidak perlu repot-repot lagi untuk merubah statusnya di e-KTP. Karena, secara otomatis di Dukcapil telah berubah,” pungkasnya.(den)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: