KK Palsu Beredar di Sarolangun, Tanda Tangan Kadis Dipalsukan

0
KK Palsu Beredar di Sarolangun. Foto: Serusarolangun.com
KK Palsu Beredar di Sarolangun. Foto: Serusarolangun.com
SERUJAMBI. COM – Blangko Kartu Keluarga (KK) palsu beredar di Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi, tanda tangan Kadis Dukcapil Dipalsukan pelaku.

BACA JUGA : Semasa Hidup Ilham Korban Terseret Arus Sungai Dikenal Ramah dan Murah…

Hal ini diketahui atas laporan Andi (korban) warga dusun Sungai Manau Desa Simpang Nibung Kecamatan Singkut ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun.
Menurut pengakuan Andi, dirinya menjadi korban Sapri, oknum warga Desa Sungai Gedang Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun dalam pengurusan KK, Andi dimintai imbalan Rp 300 ribu dan dijanjikan KK selesai selama dua hingga tiga bulan.
“Awalnya saya percaya saja, karena tidak sempat mengurus KK langsung ke Dukcapil, dimintai uang minyak Rp 50 ribu, saya kasih saja, setelah siap nanti harus saya lunasi, sesuai janji Sapri”, tutur Andi kepada Serujambi.com, Selasa (18/12/2018) di kantor Dinas Dukcapil Sarolangun, usai melaporkan masalah yang dialaminya.
Melihat KK yang dikasih Sapri yang lebih tipis dan berbeda dengan KK keluaran Dukcapil, Andi melaporkan masalah ini kepada Kepala Dinas Dukcapil Sarolangun.
Setelah menerima laporan Andi, Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Sarolangun, Helmi langsung mengumpulkan warga yang sedang berurusan di kantor Dukcapil.
“Bagi masyarakat yang mengurus data kependudukan jangan memakai Calo, nanti bisa ditipu seperti ini, ini tanda tangan atas nama Saya dipalsukan “, ucap Kadis bermaksud agar warga harus jeli dalam berurusan.
“Lihat betul -betul, kalau ada blangko KK yang tipis, itu bukan punya kami, jangan percaya”, urai Kadis.
Helmi menambahkan, masalah ini akan ditindak lanjutinya, apakah langsung dilapor Polisi atau cukup memberikan pembinaan kepada pelaku.
“Ini tindakan pidana, akan kami cari solusinya, apakah pelaku cukup dibina atau dilaporkan ke Polisi’, tambah Kadis.

BACA JUGA : Mobil Masuk Jurang, Satu Orang Tewas

Seperti cemas dengan kejadian ini terjadi pada warga yang lain, Kadis sering mengulangi peringatannya, “Masyarakat harus hati-hati, keasliannya mudah dilihat, pisiknya berbeda, lebih tipis, saya ingatkan bagi masyarakat yang mengurus dokumen Kependudukan harus dilihat betul-berul”, pungkas Kadis. (gus)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: