Kota Jambi Ada Proyek yang Sama dengan Kasus 41 Anggota Dewan Malang

0
TPA Talang Gulo Kota Jambi.
TPA Talang Gulo Kota Jambi.
SERUJAMBI.COM – Ditahannya 41 anggota DPRD Malang oleh KPK, terkait kasus proyek pengelolaan sampah baru-baru ini, ternyata menyisakan tanda tanya di sebagian kalangan dalam Provinsi Jambi. Apakah Kota Jambi juga terseret-seret? Pasalnya, proyek serupa juga ada di Kota Jambi.

BACA JUGA: 41 Anggota Dewan Malang Resmi Jadi Tersangka Suap

Penelusuran Serujambi.com beberapa hari terakhir, menurut sumber yang tak mau disebut namanya, proyek Sanitary Landfill juga ada di Kota Jambi. Bentuknya sama persis dengan di Malang, yakni, menggunakan hibah dana dari negara Jerman.
Menjelang bantuan dana dari Jerman turun (sekitar Rp 200-an miliar), pemerintah daerah diharap menyiapkan sarana prasarana pendukung. Untuk itu, Kota Jambi juga telah menyiapkannya dengan pembangunan jalan.
Dari dokumen di situs LPSE Kota Jambi, bisa terlihat bahwa pengerjaan jalan di TPA Talang Gulo telah digelontorkan sejak tahun 2013 hingga 2016 (bisa dilihat dengan klik di sini). Nilainya bervariasi, mulai Rp 400 juta hingga Rp 8 miliaran. Salah satu perusahaan pemenang pada paket TPA Talang Gulo adalah PT. Izzati Nur Ikhwan dengan nilai paket Rp 8,6 M.
Dikutip dari laman Antaranews, bantuan dari Jerman untuk proyek Sanitary Landfill akan dikucurkan tahun ini, 2018.
Seorang pengamat hukum Jambi, Adri SH, mengaku bahwa proyek ini luput dari perhatian publik. Tak banyak yang tahu bahwa proyek di Malang yang menjerat 41 anggota dewan, juga ada di Kota Jambi. Namun, ia yakin bahwa Kota Jambi sudah menerapkan prosedur sesuai aturan hukum sehingga tidak terjerat KPK seperti yang terjadi di Malang.
“Kita berharap semua pekerjaan sudah sesuai aturan hukum berlaku. Dan semua yang sudah dikerjakan sesuai dengan peruntukan,” tutup Adri.
Sementara, Kepala Dinas PU Kota Jambi, Parti Suwandi, belum ada tanggapan soal ini. Dihubungi ke beberapa nomor ponselnya, tak satupun bernada aktif.(lim)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: