KPU Adakan Pagelaran Seni Guna Tingkatkan Partisipasi Pemilih

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM – Komisi Pemillihan Umum (KPU) Solok Selatan, Sumbar, mengadakan pagelaran seni guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyukseskan Pemilu 2019.
“Pagelaran seni ini untuk memberikan informasi dan sosialisasi pelaksanaan tahapan pemilu 2019 kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Ketua KPU Solok Selatan, Mulyadi di Padang Aro.
Selain itu pagelaran seni juga untuk mengembangkan seni budaya lokal yang diikuti oleh jajaran KPU Solok Selatan, pawaslu, Partai Politik dan masyarakat umum.
Ia menyebutkan partisipasi pemilih Solok Selatan sejak pemilu 2008 termasuk tinggi di Sumbar.
Parpol yang mendaftar ke KPU dan sudah diverifikasi ada 16, dan semuanya lolos.
KPU setempat juga sudah membentuk panitia adhok yaitu PPK dan PPS.
Saat ini tahapan yang sedang berlangsung yaitu pemutakhiran data pemilih yang sudah dimulai sejak 17 April sampai 17 Juni 2018.
Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria mengajak seluruh parpol untuk bersama-sama menyosialisasikan pemilu 2019 agar pelaksanaannya lancar dan sukses.
“Setahun menjelang pemilu kita bersama-sama lakukan sosialisasi pemilihan legislatif dan presiden,” katanya.
Dia berharap pelaksanaan pemilu berjalan aman dan lancar, serta tidak ada kekerasan saat pesta politik itu.
Semua peraturan yang sudah dibuat kita ikuti saja, termasuk tentang perubahan dapil. Itu tidak masalah yang penting pelaksanaannya lancar,” ujarnya.
Komisioner Panwas Solok Selatan, M Anshar mengajak masyarakat turut serta dalam pemilu dan bersama-sama mengawasi pelaksanaannya.
Selain itu ia juga mengingatkan tentang netralitas ASN, TNI dan Polri saat pemilu.
“Bila ditemukan ASN tidak netral kami akan proses dan laporkan ke KASN dan merekalah yang akan memberikan sanksi,” katanya.
Pagelaran seni dimulai dengan tari gelombang dan juga ditampilkan kesenian tradisional randai dan kegiatan ini juga dihadiri oleh pimpinan parpol.(fok/ant)
Loading Facebook Comments ...
loading...